Lihat ke Halaman Asli

Catarina Tenny Setiastri

Ibu, guru, dan pejalan.

Gn Batur: Kombinasi Pendakian dan Camping Bareng si Kecil

Diperbarui: 7 April 2022   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Buanyak! Banyak tujuan perjalanan outdoor yang bisa dilakukan bersama keluarga kecil kita. Jika diobrolin bareng, digarap apik, dan dijalanin santai tanpa rules, pastilah pengalaman perjalanan bersama ini membekas seperti kulit paha yang kena knalpot, luamaaaa ilangnya.

Dok Pribadi

Bagaimana kalau mengkombinasikan naik gunung dengan camping? Hmm, excellent, right? Tapi bagi anak yang ga suka jalan naik seperti anak saya, pasti struggling banget nih. 

Hanya... jeng jeng jeng, kalo stok fotonya yang buat diupload habis, wah.. itu adalah kesempatan emas buat kita para bapak ibu, wkwk. Hm, tips ini ga jitu banget sih, momentnya harus pas, bener-bener pas, dan disampaikan dengan santai tanpa beban. Pembukaan kalimat tanyanya bukan, "Apa Adek mau ikut?" atau "Liburan ini Adek mau ga ikut ma kami?" atau " Liburan ini, Adek mau kemana?" Oh.. no no no no. Inget kan?

Dok Pribadi

Kalau mau bikin happy, kitanya duluan yang harus happy. Jadi, pertama: tentukan tempat yang kita suka dulu, cuman please sesuaikan juga dengan kemampuan dan kesukaan anak, selarasin lah. Kedua: cari postingan foto-foto lokasi itu yang bener-bener bagus. Bagus ini dari kacamata si anak loh. 

No worries, sekarang mah gampang banget cari foto-foto ciamik. Tujuan dari foto-foto ini tentu supaya si kecil tertarik, kan stok fotonya udah abis, wkwk. Ketiga: barulah sampaikan, "Kami mau kesini (sambil liatin foto-fotonya). Yuk bareng, kita bisa...." lanjutannya tambahkan sendiri ya, karena hanya ortunya sendiri yang tau bahasa marketing yang paling pas buat si anak.

Dok Pribadi

Untuk Bali, camp-site di Gunung Batur jalur Pasar Agung adalah salah satu tujuan perjalanan outdoor terbaik buat keluarga. Jika beruntung dengan cuaca cerah, kita akan mendapatkan dua momentum ciamik sekaligus: sunset dan sunrise, tanpa bergerak dari camp-site. 

Wkwk, anakku pasti suka nih. Pagi, special edition buat si anak, ga perlu nyummit dan habiskan seluruh waktu guling-guling di di luar tenda. Makan, tidur, ngobrol, repeat. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline