Lihat ke Halaman Asli

Apa sih e-Commerce itu?

Diperbarui: 26 Juni 2015   07:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Istilah e-Commerce mungkin sudah tidak asing ditelinga para pengguna internet. Namun, masih sebagian besar pengguna internet belum memahami apa itu e-Commerce. Definisi dari e-Commerce sendiri yaitu penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis (wikipedia). Dalam berbagai hal, e-Commerce sangat membantu. Misalnya dalam kegiatan perdagangan maupun bisnis.

E-Commerce membantu dalam pemasaran barang dagang secara efektif dan efisien . Para pedagang tidak perlu memikirkan jarak untuk memasarkan produknya, karena dengan e-Commerce produk dapat dipromosikan dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun. Melalui e-Commerce para konsumen tidak perlu repot-repot mendatangi toko untuk melihat produk-produk yang dijual. Hanya dengan mengunjungi websitenya para konsumen dapat melihat katalog dari produk-produk yang dijual, serta dapat melakukan transaksi dengan mudah. Namun, terkadang ada pihak-pihak yang menyalahgunakan e-Commerce. Contohnya, banyak konsumen yang tertipu oleh beberapa website e-Commerce, mereka telah melakukan pembayaran namun barang yang dipesan tidak sampai ke tujuan, "So, be careful yaaa...".

E-Commerce akan sangat berguna jika kita memanfaatkannya secara cerdas dan optimal. Jangan hanya jadi "Pengguna yang awam" tapi jadilah "Pengguna yang Profesional", maksudnya adalah kita harus memanfaatkan internet untuk mendapatkan peluang memulai usaha. Pemasarannya pun tidak memerlukan biaya yang besar dan tingkat pengaksesannya pun mudah, baik dari sisi pemilik website maupun dari sisi konsumen. Mungkin penjelasan di atas sudah cukup menggambarkan apa itu e-Commerce. Sekarang tergantung dari kita, apakah kita termasuk "Pengguna yang awam" atau "Pengguna yang Profesional"?....."You know the answer..."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline