Lihat ke Halaman Asli

Mengetahui Kepribadian Melalui Tulisan Tangan

Diperbarui: 9 September 2015   08:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Setiap orang pasti memiliki bentuk tulisan tangan yang berbeda-beda. Dari tulisan tangan ini, ternyata kita juga bisa melihat kepribadian seseorang. Seni membaca tulisan tangan ini disebut dengan grafologi. Berikut ini adalah beberapa cara melihat kepribadian seseorang dari tulisan tangan.

  • Dari ukuran tulisannya

Orang yang menulis dengan tulisan yang besar biasanya lebih terbuka pada orang lain, lebih percaya diri, dan suka mencari perhatian. Orang yang tulisannya kecil cenderung lebih introvert, serta memiliki fokus dan konsentrasi yang lebih kuat.

  • Dari kemiringan tulisannya

Orang yang tulisannya miring ke arah kiri berarti orang itu lebih suka bekerja sendiri daripada bersama orang lain dan lebih tertutup. Jika tulisan seseorang miring ke arah kanan, berarti orang itu lebih menggunakan perasaan, lebih ramah, dan sangat mementingkan teman dan keluarga. Sedangkan orang yang tulisannya tegak biasanya lebih menggunakan logika daripada emosi.

  • Dari spasi antar kata

Spasi antar kata yang besar menandakan bahwa orang itu suka kebebasan dan lebih mandiri. Di sisi lain, orang yang spasi antar katanya kecil lebih suka berada di antara orang banyak dan tidak suka sendirian.

  • Dari penekanan tulisan

Tulisan orang yang penekanan tulisannya kuat menunjukkan orang itu punya emosi yang kuat, cepat bereaksi terhadap sesuatu, dan lebih serius. Jika tekanan terlalu kuat berarti orang itu lebih tegang dan bereaksi cepat terhadap kritik. Orang yang penekanan tulisannya ringan cenderung lebih sensitif dan berempati.

  • Dari penitikan huruf i

Penitikan agak jauh di atas huruf i menandakan orang itu lebih imaginatif, sedangkan titik yang sedikit ke kiri menunjukkan orang yang suka menunda pekerjaan. Orang yang menitikkan huruf i menggunakan lingkaran biasanya lebih kekanak-kanakan. Titik pada huruf i yang terlihat seperti garis menandakan orang yang lebih kritis dan orang yang meletakkan titik tepat di atas huruf i menunjukkan orang yang mementingkan detail, lebih terorganisir, dan lebih berempati.

  • Dari tanda tangan

Orang yang bentuk tanda tangannya tidak jelas (tidak terbaca artinya) berarti orang itu lebih tertutup, sedangkan orang yang tanda tangannya jelas bentuknya menunjukkan orang yang lebih percaya diri.

  • Dari garis pada huruf t

Garis t yang pendek menunjukkan orang yang cenderung malas, sedangkan garis t yang panjang memperlihatkan orang yang lebih antusias, memiliki kemauan yang kuat, dan juga keras kepala. Orang yang meletakkan garisnya tepat di atas huruf t adalah orang yang ambisius, sedangkan orang yang meletakkan garis tepat di tengah huruf t adalah orang yang percaya diri.

Jadi, apa yang tulisan tangan anda katakan tentang kepribadian anda? Silahkan mencoba dengan cara-cara mudah di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline