Lihat ke Halaman Asli

Pembetulan E-SPT dan Kompensasi Kerugian Pajak

Diperbarui: 29 Juni 2024   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa Itu Pembetulan SPT?

Pembetulan SPT pajak adalah proses memperbaiki informasi atau data yang salah saat mengirimkan SPT pajak. Ketika ada koreksi fiskal atau kesalahan dalam pengisian SPT tahunan, SPT pajak harus diperbarui. Ketika SPT tahunan dapat diperbarui, kapan batasnya? Untuk wajib pajak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyampaikan SPT pajak yang benar, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memberikan pelonggaran, tetapi tidak tanpa syarat. SPT pembetulan pajak memiliki ketentuan dan batas akhir. Bagaimana memperbaiki SPT pajak?

 

Penyebab Pembetulan SPT

Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. PER-02/PJ/2019, Pasal 1, Ayat 7 menyatakan:

SPT pembetulan adalah SPT yang disampaikan oleh Wajib Pajak sebagai bagian dari pembetulan SPT yang telah disampaikan sebelumnya. Menurut Undang-Undang No. 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga atas UU No. 6/1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP), beberapa hal berikut menyebabkan pembetulan SPT pajak:

1. Kesalahan dalam penulisan

2. Kesalahan dalam hitungan

3. Kekeliruan dalam menerapkan ketentuan tertentu dalam undang-undang perpajakan

Namun, pembetulan SPT ini hanya dapat dilakukan selama pemeriksaan belum dilakukan oleh Ditjen Pajak. Jadi, wajib pajak tidak memiliki hak untuk membetulkan SPT yang telah dilaporkan sebelumnya apabila DJP menerbitkan Surat Pemeriksaan. Ketika Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Pajak (SP3) dikirim kepada wajib pajak, wakil, kuasa, dan anggota keluarga wajib pajak yang telah dewasa, pemeriksaan dilakukan. Pemeriksaan pajak pada dasarnya dilakukan untuk menerbitkan Surat Ketetapan Pajak. Dalam kasus pembetulan SPT tahunan, WP tidak lagi dapat melakukan pembetulan SPT jika DJP telah menyampaikan Surat Pemberitahuan Hasil Verifikasi, meskipun belum memeriksa bukti awal.

Persyaratan untuk Pembetulan SPT

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline