Lihat ke Halaman Asli

Carolina Fernanda Diaz

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Media Sosial dalam Menunjang Kegiatan Public Relations

Diperbarui: 14 Mei 2023   22:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada zaman ini, dengan semakin berkembangnya teknologi dan informasi, salah satunya dengan keberadaan internet, tentunya membawa dampak tersendiri dalam segala bidang yang ada di dunia. Seperti pada bidang bisnis, komunikasi ataupun institusi media termasuk juga dalam bidang Public Relations. Dalam media internet, seperti dengan adanya media sosial, dapat bermanfaat untuk meningkatkan hubungan Public Relations dengan para publiknya dalam saluran komunikasi.

Media sosial adalah suatu platform digital yang digunakan untuk membantu penggunanya dalam proses berinteraksi antara satu sama lain dalam bentuk tulisan, gambar maupun video. Media sosial memberikan kebebasan bagi para pengguananya untuk melakukan segala aktivitas sosial yang bisa dilakukan secara online tanpa dibatasi ruang dan waktu selama terhubung dengan jaringan internet. Media sosial juga merupakan media yang bisa mengubah komunikasi atau pesan yang disampaikan menjadi dialog interaktif dengan menciptakan suatu hubungan komunikasi antara pengirim dan penerima pesan tersebut.

Public Relations adalah merupakan bagian yang sangat penting dan dijadikan sebagai "wajah" dari sebuah institusi ataupun perusahaan. Dengan perannya yaitu membangun upaya untuk membentuk dan mempertahankan image atau citra positif, membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan pihak lain serta publiknya. Oleh karena itu Public Relations bisa dikatakan sebagai penentu keberhasilan ataupun kegagalan dari sebuah institusi atapun perusahaan.

Dengan menggunakan sosial media, praktisi Public Relations kini dapat berkomunikasi secara langsung kepada publiknya tanpa harus melalui awak jurnalis dalam menyampaikan suatu informasi, dengan adanya media sosial juga memungkinkan Public Relations bisa secara langsung melakukan komunikasi dua arah atau secara timbal balik dengan publiknya dalam bentuk kolom komen atau chat pada setiap postingannya di akun media sosial tersebut.

Sosial media memiliki kegunaan bagi kegiatan Public Relations sebagai berikut: (1) Dapat meningkatkan kreativitas dalam pengampaian informasi, dengan adanya sosial media, Public Relations dapat membuat konten atau dalam desain yang menarik pada saat menyebarkan informasi kepada publiknya.

(2) Menyampaikan informasi secara efektif, dengan adanya media sosial, makan Public Relations bisa lebih terbantu dalam menyampaikan informasi karena dapat menjangkau publiknya dalam skala yang luas dan cepat sehingga akan meminimalisasikan biaya operasional. (3) Meningkatkan komunikasi dengan publik, dengan sosial media, Public Relations bisa melakukan komunikasi dua arah dengan publiknya dengan mudah melalui kolom komentar yang disediakan dalam setiap postingan yang diunggah dalam media sosial tersebut.

Dengan hadirnya sosial media, telah berhasil mengubah cara para Public Relations  dalam berpikir dan juga dalam melaksanakan perannya sehingga hal ini bisa dianggap sebagai kemajuan dalam bidang Public Relations. 

Pada zaman ini, dengan mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh sosial media, maka praktsi Public Relations bisa dilakukan secara lebih baik, lebih strategis, lebih interaktif dan lebih bisa bertanggung jawab penuh dalam melakukan kegiatan sosialnya. Hal ini dapat menjadi dasar pada era bawu bahwa sosial media bisa dijadikan sebagai salah satu media yang penting dan bermanfaat dalam membantu kinerja para Public Relations dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi pada publiknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline