Lihat ke Halaman Asli

Manajemen Keuangan Digital: Mengetahui dan Memahami Cara Memanajemen Keuangan Pribadi

Diperbarui: 12 Agustus 2024   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tahukah anda globalisasi membawa kita menuju perubahan yang sangat significant?ya,tentu saja, mulai dari zaman nenek moyang kita menggunakan alat meramu hingga menggunakan teknologi digital yang berkembang pesat pada masa kini.

Tidak sedikit dari Masyarakat Indonesia  mengetahui penggunaan teknologi digital yang dapat menguntungkan mereka,maka dari itu sangat penting bagi Masyarakat untuk meningkatkan literasi keuangan digital.Literasi digital dapat melayani Masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan teknologi.

Setelah dapat menerapkan literasi keuangan digital, masyarakat dapat memahami juga cara memanajemen keuangan pribadi.Manajemen keuangan pribadi sendiri yaitu proses perancanaan dan pengelolaaan keuangan individu dan keluarga,yang bertujuan untuk mewujudkan  kualitas hidup dan finansial keamanan yang tinggi.

Berikut adalah cara untuk memanajemen keuangan pribadi:

1.Membuat skala prioritas

Skala prioritas dapat membantu anda untuk dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan.kebutuhan juga dibedakan menjadi 3 yaitu kebutuhan primer,kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.Kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi guna kelayakan hidup seseorang.Kebutuhan skunder yaitu kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer tercukupi.Sedangakan kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang lebih spesifik cenderung kepada keinginan dari pada kebutuhan.

2.Membuat catatan pengeluaran keuangan pribadi

Membuat catatan keuangan pribadi dapat membantu anda untuk dapat mempertimbangkan pengeluaran masa kini untuk membantu kamu Menyusun strategi pengeluaran di masa yang akan datang.

3.Menyisihkan uang untuk dana darurat

Dana darurat sangat penting yang berguna untuk membantu anda Ketika dalam situasi darurat,misalnya sakit.Dana darurat sangat berperan membantu anda tanpa harus mengganggu cash flow keuangan anda.

4.Hindari utang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline