Lihat ke Halaman Asli

Caren Evelyn Antonia

Caren Evelyn Antonia

Daerah Pariwisata Khusus

Diperbarui: 23 November 2021   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aumbwe: atikadjufrimandang.wordpress.com

Indonesia dikenal dengan julukan "Heaven on Earth" dikarenakan Indonesia memiliki kekayaan dan keindahan alam yang besar. Dengan kekayaan dan keindahan alam tersebut Indonesia berhasil mengembangkannya menjadi tempat wisata yang menakjubkan. Indonesia memiliki keanekaragaman makhluk hidup yang tinggi sehingga dikelompokkan sebagai salah satu dari 17 negara megadiversitas. Dan juga Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. 

Indonesia memiliki banyak daerah yang dapat dikembangkan sebagai tempat pariwisata, masih banyak daerah yang belum dimaksimalkan dalam bidang pariwisata. Salah satunya ada Pulau Obi, sebagai usulan daerah pariwisata khusus.

Pulau Obi atau bisa disebut juga Pulau Obira merupakan pulau terbesar yang terletak di gugusan Kepulauan Obi, Maluku Utara. Pulau Obi merupakan bagian dari Kabupaten Halmahera Selatan. Secara administratif, Pulau Obi berbatasan langsung dengan Provinsi Maluku di sebelah selatan dan Provinsi Papua Barat di sebelah timur. Seluruh penduduk di Pulau Obi adalah pendatang, karena tidak memiliki penduduk asli. Pulau Obi memiliki banyak objek wisata alam yang sangat potensial untuk dikembangkan. Namun akibat ketidakmerataan pembangunan pariwisata di Obi tidak terpublikasi atau terkelola dengan baik. 

Pulau Belang-Belang terletak di bagian Kepulauan Obi. Hanya butuh waktu sejam untuk perjalanan dari Pulau Obi menuju Pulau Belang-Belang menggunakan speedboat. Untuk ide wisatanya menggantikan speedboat dengan kapal layar dari Pulau Obi menuju ke Pulau Belang-Belang, dan digunakan untuk mengelilingi Pulau Belang-Belang. Kapal tersebut di desain menjadi tempat istirahat yang nyaman dan juga restoran selama berkeliling di Pulau Belang-Belang. Kapal ini juga menyediakan kapal kayang bening jika ingin menikmati laut yang indah. Dan juga di Pulau Belang-Belang dapat melakukan kegiatan watersport.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline