Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Melakukan Peningkatan Produktivitas UMKM Kerupuk Puli Dengan Implementasi Mesin Sealer dan Re branding

Diperbarui: 21 Januari 2024   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kerupuk Puli Ibu Nurhayati (dokpri)

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan peningkatan produktivitas UMKM krupuk puli ibu Nurhayati di desa kesimantengah, kesimantengah merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Di desa ini Mayoritas warga berprofesi  sebagai buruh tani, peternak, dan pemilik UMKM. Salah satunya yaitu UMKM kerupuk puli ibu Nurhayati. UMKM kerupuk puli ibu Nurhayati merupakan usaha mikro kecil yang bergerak di bidang pembuatan kerupuk puli.Pembuatan kerupuk puli di UMKM ini masih membuat dengan metode manual dengan itu masih terdapat berbagai masalah seperti kurang produktif dan pemasaran yang masih tergolong sempit.

Berdasarkan survey lapangan dan wawancara di UMKM kerupuk puli ibu Nurhayati permasalahan  kurang produktif dalam pembuatan kerupuk puli  diakibatkan  proses packaging masih menggunakan metode manual yaitu dengan cara metode lilin dengan itu proses berjalan cukup lambat dan ada potensi defect produk di karenakan kemasan bocor, selain permasalahan tersebut pemasaran dalam penjualan UMKM kerupuk puli masih tergolong cukup sempit yaitu hanya di wilayah kecamatan pacet dan gondang.

Berdasarkan permasalahan tersebut Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan implementasi penggunaan mesin sealer pada proses packaging yang bertujuan agar meningkatkan produktifitas dalam pembuatan kerupuk puli yang semulanya dengan metode lilin memakan waktu 3 jam menjadi 2 jam dengan mesin sealer tersebut dan meminimalkan produk defect yang di karenakan kebocoran kemasan. Selain itu untuk meningkatkan penjualan dan memperluas  pemasaran Mahasiswa  Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pmelakukan Re-Branding Logo dan Kemasan tujuan melakukan hal itu untuk memperkenalkan secara khas dan mempunyai ciri-ciri tersendiri dan sebagai daya Tarik konsumen. Selain itu kami juga menambahkan inovasi rasa yang semulanya hanya original sekarang menjadi rasa balado dan sapi panggang. Kita juka melakukan pemasaran digital marketing melalui pendaftaran ke E-Commerce aplikasi shoppe dan memperluas promosi di sosial media Instagram.

Sementara itu kami berharap dengan meningkatkan produktifitas dan memperluas pemasaran tersebut dapat memberikan dampak yang singnifikat bagi UMKM kerupuk puli ibu Nurhayati .Dengan ini pemilik UMKM sangat berterima kasih."Kami mengucapkan terimakasih banyak sudah membantu kami dalam pembaruan kemasan dan logo serta mesin sealer press yang sangat membenatu dalam pengamasan" Ujar Ibu Nurhayati selaku pemilik UMKM kerupuk puli.

Penulis : Carendy Indrawan

NBI : 1412000156

Prodi : Teknik Industri

Input sumber gambar

whatsapp-image-2024-01-18-at-10-14-03-1-65ad350912d50f282b5626f2.jpeg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline