Lihat ke Halaman Asli

Cania Permata Asri

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti [HOSPITALITY & PARIWISATA S1 21]

Lompong Sagu, Olahan Sagu Khas Minang Ini Apakah Masih Ditemukan?

Diperbarui: 25 Februari 2024   15:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hallo semuaa... Kembali lagi bersama saya Cania Permata Asri mahasiswa Beasiswa KIP Kuliah Institut Pariwisata Trisakti. Pada artikel ini saya akan membahas kuliner tradisional dari provinsi Sumatera Barat. Mengingat kuliner khas Sumatera Barat yang paling dominan di pikiran anda tentu Nasi Padang atau Rendang. Betul, karna kuliner khas minang tersebut sudah menjelajahi hampir seluruh provinsi di Indonesia hingga luar negeri. Jika beralih pada jajanan tradisional khas minang, saya tertarik untuk membahas jajanan tradisional Lompong Sagu. Lompong sagu sendiri sudah langka bahkan saat ini sangat jarang ditemukan. Agar tidak hilang dimakan zaman, disini saya akan membahas sekilas mengenai lompong sagu.

Lompong sagu terbuat dari olahan tepung sagu, gula aren, kelapa parut, dan pisang kepok. Kemudian, olahan dari bahan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang. Agar menciptakan citarasa yang nikmat diusahakan agar di panggang menggunakan bara api. Setelah matang lompong sagu mengeluarkan aroma yang sangat harum. Lompong sagu memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis, lompong sagu berbentuk panjang seperti tabung. Cara membuatnya cukup dibilang mudah, namun mengapa kuliner tradisional ini justru sangat sulit ditemukan bahkan di provinsi Sumatera Barat sendiri.

Untuk menemukan kuliner tradisional lompong sagu, anda perlu menemukan tempat- tempat tertentu yang saat ini masih melestarikan kuliner tradisional. Sangat penting bagi kita anak bangsa terutama masyarakat Minang Kabau untuk menjaga kelestarian kuliner lokal. Apalagi lompong sagu merupakan bagian dari keanekaragaman kuliner di Indonesia.

Bagi anda yang tertarik dan ingin sekali mencoba jajanan tradisional ini, saya akan merekomendasikan dimana lompong sagu saat ini bisa ditemukan, terutama bagi teman-teman yang berdomisili di Kota Padang. Lompong sagu dapat ditemukan pada kios- kios yang terletak di Jalan Raya Ampang, Kota Padang dekat Musholla Al- Firdaus.

Masih banyak tempat- tempat dimana kita dapat menemukan kuliner ini, tapi memang tidak semudah itu untuk menemukan kuliner langka tersebut. Jika anda senang direpotkan dan hobi memasak, saran saya teman- teman kuliner wajib mencoba untuk membuat lompong sagu sendiri. Teman- teman dapat melihat resep dan tutorial memasaknya pada artikel atau video yang dapat anda browsing di internet dan youtube.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline