Lihat ke Halaman Asli

Tarsih Ekaputra

PR Consultant & Komporis Bela Negara

Bupati Gunungkidul Hadiri RAT Tahun 2022 Ikatan Keluarga Gunungkidul

Diperbarui: 18 Desember 2022   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanto dalam Rapat Anggota Tahunan IKG 2022 di Anjungan DIY, TMII (Foto Tarsih Ekaputra)

Bertempat di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Taman Mini Indonesia Indah pada hari Sabtu, 17 Desember 2022, Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) menggelar serangkaian acara HUT ke-52 Tahun IKG.

Pada Sabtu siang harinya, IKG menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan yang menjadi amanat dari AD/ART IKG. RAT tahun ini dihadiri oleh Anggota Dewan Pertimbangan, Pembina dan Pengawas, Badan Pengurus Harian, 18 Koordinator Kapanewon (Korkap) IKG, 7 Koordinator Wilayah (Korwil) IKG. Selain itu, rombongan Bupati Gunungkidul Sunaryanta yang berjumlah sekitar 30 orang terdiri dari OPD dan SKPD Kabupaten Gunungkidul juga hadir dalam RAT IKG tahun 2022.

Tema RAT IKG tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya yakni "Semangat Membangun Omah IKG," dengan tujuan utama adalah melakukan evaluasi program setahun berjalan dan menyepakati serta menguatkan program Ikatan Keluarga Gunungkidul kedepannya.

(Foto Tarsih Ekaputra)

Ketua Umum IKG Drs. Edy Sukirman, MM  dalam kesempatan RAT tahun 2022 menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dukungan segenap pengurus IKG baik ditingkat BPH, Koordinator Kapanewon, Koordinator Wilayah dan sayap-sayap organisasi lainnya jika ditotal di bawah IKG ada 1600 perkumpulan atau organ yang secara bersama-sama merancang dan menjalankan programnya untuk kemajuan IKG, Gunungkidul dan Yogyakarta.

Lebih jauh Ketua Umum IKG juga menjawab ragam masukan dan pertanyaan dari perwakilan Korkap dan Korwil, mulai dari optimalisasi kegiatan di Omah IKG, serta program-program prioritas yang dimasukkan dalam 5 prioritas utama yakni bidang sosial, bidang seni dan budaya, bidang pendidikan, bidang olahraga dan juga bidang ekonomi.

"Untuk bidang sosial IKG telah melakukan banyak hal dan khususnya dalam hal peduli kemanusiaan dan semangat saling bantu. Kemudian bidang  seni dan budaya melalui PS IKG sudah makin eksis dalam menguri-uri ragam seni budaya warga Gunungkidul yang ada dalam wadah IKG di Jabodetabek. Bidang pendidikan juga sudah maju pesat mulai dari program PAUD, TK, SD, dan SMP." Jelas Ketum IKG

Lebih jauh Ketum IKG menyampaikan bahwa untuk bidang olahraga juga berjalan dengan baik dan sangat inovatif kemudian dibidang ekonomi kita punya Koperasi Jasa IKG. Kedepannya untuk bidang pariwisata, melalui Ketua 5 IKG akan membentuk Travel IKG. Kesemuanya itu dalam upaya mengembangkan, membangun, dan menguatkan IKG dari berbagai sektor. Dan tujuan utamanya adalah untuk kesejahteraan bersama warga IKG dan Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanto dalam RAT menyampaikan bahwa dalam kesempatan istimewa di mana IKG sedang melaksanakan RAT serta HUT ke 52 tahun, mengajak rombongan sebanyak 32 orang pejabat di Pemkab Gunungkidul. 

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa, usia IKG yang setengah abad ini tetap senantiasa mengedepankan semangat guyub rukun dan gotong royong. Semangat ini sangat terasa hadir di tengah masyarakat Gunungkidul maupun secara khusus warga IKG.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline