Lihat ke Halaman Asli

Tarsih Ekaputra

PR Consultant & Komporis Bela Negara

Asbanda Fokus Pada 5 Program Utama di 2012

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13334256471239917780

[caption id="attachment_172441" align="alignleft" width="458" caption="Ketua Umum Asbanda, Eko Budiwiyono saat memberikan sambutan dalam acara Ramah Tamah Dirut & Direksi BPD-SI di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tengan (31/3/2012)"][/caption] ASBANDA merupakan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah yang bersifat otonom danawalnya bernama BKS-BPDSI (Badan Kerja Sama Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia) yang didirikan pada  14 Desember 1993 dengan anggota 27 BPD dan sebagai anggota dari Federasi Perbankan Indonesia. Sejak tanggal 25 Maret 1999 berubah nama menjadi ASBANDA dengan anggota 26 BPD. ASBANDA memegang peran penting sebagai wadah pemersatu guna mempererat hubungan kerjasama saling menguntungkan antar BPD di seluruh Indonesia. Melalui ragam langkah strategis, Asbanda selama keberadaannya telah mampu membawa BPD-SI ke arah yang lebih baik. Hal ini ditandai dengan suksesnya mencanangkan BPD Regional Champion yang merupakan  roadmap BPD. BRC terdiri dari tiga pilar utama, yakni Ketahanan Kelembagaan, Kemampuan untuk menjadi Agent of Development, dan Kemampuan untuk menghadirkan service excellent kepada masyarakat. Ketiga pilar utama dari BRC ini merupakan landasan utama dan strategis bagi BPD dalam menghadapi persaingan antarbank yang semakin ketat.

Asbanda bersama BPDSI fokus dan komit pada 5 (lima) program utama/bidang, yakni : Pertama, adalah komitmen untuk menjalankan dan menyukseskan BRC yang telah dicanangkan sejak tahun 2010 yang lalu, kedua fokus pada bidang pengembangan bisnis dan kerjasama antar lembaga, baik yang bersifat nasional maupun internasional, ketiga fokus pada pengembangan perbankan syariah dimana potensi di Indonesia masih sangat besar, keempat, fokus dan komit dalam menjalin kerjasama operasional IT dan legal di BPDSI untuk menciptakan sebuah pengelolaan sistem yang lebih efisien melalui kerjasama operasional antar BPD, dan yang kelima fokus pada peningkatan kualitas Human Capital dan pengembangan profesi yang terkait dengan pengembangan pengetahuan, wawasan, skill yang mengacu kepada standar profesionalisme.

Dengan dukungan penuh dari anggota (BPD-SI), ASBANDA senantiasa merancang beragam rogram strategis termasuk juga menjalin beragam kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah, swasta, perbankan nasional maupun internasional. Saat ini ASBANDA telah menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia guna mewujudkan BPD Regional Champion. Selain itu secara berkesinambungan ASBANDA juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai kementerian, seperti Kementerian Perumahan Rakyat, Koperasi dan UKM, Departemen Pertanian, Badan Kepegawaian Negara dan lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline