Lihat ke Halaman Asli

Manajemen Tenaga Kependidikan

Diperbarui: 30 Juni 2024   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN

 oleh Candra Indaryani

Devinisi dari Tenaga kependidikan adalah individu yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan namun tidak terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Mereka mendukung fungsi-fungsi administratif, teknis, dan operasional di institusi pendidikan, seperti sekolah, perguruan tinggi, atau lembaga pendidikan lainnya. Peran mereka sangat penting untuk kelancaran operasi dan manajemen lembaga pendidikan, memungkinkan tenaga pendidik (guru atau dosen) untuk fokus pada tugas utama mereka dalam mengajar dan membimbing siswa.

Disini ada beberapa Jenis -- jenis tenaga kependidikan diantaranya : Staf Administrasi, Pustakawan, Teknisi Laboratorium,  Staf IT (Teknologi Informasi), Petugas Kebersihan, dan Keamanan,  Pengelola Asrama,  Petugas Kesehatan Sekolah, Konselor Sekolah dan Koordinator Kegiatan Ekstrakurikuler

Pengangkatan dan penempatan tenaga kependidikan merupakan proses yang diatur oleh kebijakan dan peraturan yang berlaku untuk memastikan bahwa setiap institusi pendidikan memiliki tenaga kependidikan yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan. Proses ipengangkatan ni biasanya melibatkan beberapa tahapan sebagai berikut : Perencanaan Kebutuhan, Rekrutmen, Seleksi dan Pengangkatan. Setelah pengangkatan  dilakukan Penempatan Tenaga Kependidikan diantaranya : Orientasi dan Pelatihan, Penempatan, Evaluasi dan Penilaian Kinerja dan Mutasi dan Promosi.

Pembinaan dan pengembangan tenaga kependidikan adalah proses berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, kinerja, dan profesionalisme tenaga kependidikan dalam mendukung operasional dan manajemen institusi pendidikan. Berikut adalah penjelasan mengenai pembinaan dan pengembangan tenaga kependidikan:

Pembinaan Tenaga Kependidikan

Orientasi:

Pelatihan dan Workshop:

Pendampingan dan Supervisi:

Pembinaan Disiplin dan Etika Kerja:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline