Lihat ke Halaman Asli

Candra Dwi Wibowo

Mahasiswa Teknik Geodesi Universitas Diponegoro

Mantap! Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro membuat Peta Persebaran Fasilitas Umum

Diperbarui: 13 Februari 2023   19:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hasil Peta Persebaran Fasilitas Umum Desa Galeh | Sumber : Dokumen Pribadi

Galeh, Kabupaten Sragen (06/02/2023) - Desa Galeh, salah satu desa yang dikenal sebagai desa penghasil jagung dan tebu, merupakan satu dari 7 desa yang berlokasi di Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen. Desa Galeh yang memiliki luas 1.013 Ha ini dibagi atas 18 RT dengan 4 RW. Sebagian besar warga desa bermata pencaharian dengan bertani dan berkebun. Desa Galeh memiliki potensi desa yang cukup besar, terutama dalam bidang pertanian dan berkebunan. Seiring dengan perkembangan zaman, Desa Galeh saat ini mulai lebih maju dengan meningkatnya kegiatan masyarakat, program pemerintah, dan giat UMKM yang bermunculan di Desa Galeh.

Dari segi pengarsipan data teknis, desa Galeh sudah memiliki Peta Administrasi yang terakhir dibuat bulan November 2022. Namun peta hanya menampilkan batas Desa Galeh dengan desa sekitarnya. Peta administrasi sendiri pada dasarnya merupakan suatu data teknis dalam suatu kelurahan/desa yang penting dan diperlukan untuk mengetahui letak dan batas suatu wilayah secara geografis sehingga mempermudah dalam mendapatkan informasi mengenai suatu daerah.

Berdasarkan kondisi tersebut, Candra Dwi Wibowo, mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Program Studi Teknik Geodesi, membantu dalam proses pembuatan peta persebaran fasilitas umum. Program pembuatan peta ini diharapkan mampu memberikan gambaran data persebaran fasilitas umum yang ada di Desa Galeh. Fasilitas umum yang dimaksudkan meliputi Taman kanak-kanak, Sekolah Dasar, Balai Desa, Masjid, Pemakaman, dan sebagainya.

Pengumpulan Data, Wawancara dengan Perangkat Desa, dan Survey Lapangan | Sumber : Dokumentasi Pribadi

Pada pelaksanaan pembuatan peta persebaran fasilitas umum terdapat beberapa tahapan yang dilakukan. Tahapan pertama berupa pengumpulan data dan survei baik secara primer berupa survei lapangan secara langsung dengan wawancara perangkat desa maupun sekunder dengan meminta data dari balai desa serta analisis dokumen. Kemudian dilanjutkan dengan proses akuisisi data sesuai gambaran di google earth, pengolahan data menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) yaitu software ArcGIS. Proses pencetakan peta persebaran fasilitas umum dalam ukuran A1 dengan bahan banner. Prosesi penyerahan peta persebaran fasilitas umum ke pihak Desa Galeh.

Prosesi Penyerahan Peta Fasilitas Umum kepada Kepala Desa Galeh | Sumber : Dokumentasi Pribadi

Pada tanggal 6 Februari 2023 prosesi penyerahan peta persebaran fasilitas umum dilakukan dengan bertempat di Kantor Kepala Desa Galeh. Bapak Triyono, S.H. selaku Kepala Desa Desa mengucapkan terima kasih atas bantuan pembuatan peta persebaran fasilitas umum ini. "Alhamdulillah, saya ucapkan terimakasih Mas, atas bantuannya sudah dibuatkan peta ini. Dengan adanya peta ini semoga bisa menjadi manfaat untuk Desa Galeh," ujar Bapak Triyono.

Prosesi Penyerahan Softfile Peta Fasilitas Umum kepada Perangkat Desa Galeh | Sumber : Dokumentasi Pribadi

Selain itu, Candra Dwi Wibowo juga memberikan data softfile peta persebaran fasilitas umum kepada pihak perangkat desa. Hal ini juga bertujuan untuk keperluan arsip desa mengenai data teknis kedepannya. "Maturnuwun mas Candra, semoga dengan adanya peta persebaran fasilitas umum ini dapat berguna bagi warga desa Galeh. Tim KKN UNDIP sangat membantu bagi Desa Galeh dan untuk kedepannya semoga kegiatan KKN ini dapat dipertahankan." ujar Bapak Priyono.

Penulis : Candra Dwi Wibowo -- Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Dosen Pembimbing Lapangan :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline