Lihat ke Halaman Asli

Candhik Ayu

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mengenal Internet dalam Perdagangan Elektronik (E-commerce)

Diperbarui: 3 September 2021   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Masyarakat Indonesia tidak bisa telepas dengan jejaring Internet. Seperti yang kita tahu, bahwa internet sangat memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari seseorang untuk dapat mengenal dunia yang semakin canggih dan ter up to date.

Pengenalan Internet

Tahun 1962

Agustus 1962, Internet diciptakan pertama kali oldeh J.C.R  Licklider dari Massachutts Institute of Technology (MIT), dengan konsep "Galatic Network" dimana mengenai jaringan global yang memungkinkan seseorang dapat mengakses data dan program mana saja dan kapan saja. Kemudian beliau menjadi kepala di ARPA (Advanced Research Projects Agency) yang merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Sumiaty, 2014. hal. 79). 

Tahun 1971

Protokol Telnet dan FTP (File Transfer Protocol) telah dibangun, dimana dapat digunakan untuk men-transfer file melalui sistem satu ke sistem yang lainnya (Aprilia, 2019. hal. 180).  

Tahun 1972

ARPA berubah nama menjadi DARPA (Defense Advanced Research Project Agency), dan pertama kali melakukan koneksi internasional dengan University college of London dan Royal Establishment di Norwegia (Sumiaty, 2014. hal. 80). 

Tahun 1982

Terbentuknya protokol yang disebut TCP/IP yang dibuat oleh DCA (Defense Communication Agency) dan DARPA, yang mana jaringan internet yang terhubung TCP/IP sebagai protokol. TCP digunakan sebagai protocol transport untuk memberikan garansi pengiriman yang memungkinan pengguna dalam mengakses file, seperti mengganti nama dan menghapus file, me-download atau me-upload file (Aprilia, 2019. hal. 179). 

Tahun 1988

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline