Lihat ke Halaman Asli

10 Tools Buat Membuat Presentasi Online, Video & Animasi

Diperbarui: 13 Juli 2015   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tools presentasi online dapat membantu kita buat membentuk konten secara cepat, seperti demonstrasi produk buat meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. Umumnya dari slide presentasi yang sudah ada dapat kita olah kembali menjadi presentasi yang lebih menarik memakai tools ini. Kelebihannya kita bisa menambahkan video atau animasi tertentu, bahkan bisa langsung membagikannya ke sosial media, hebat kan?

Ingin memahami apa saja tools presentasi online tadi? Ayo kita dibawah ini.

1. Prezi
jika banyak anggapan bahwa slide presentasi itu monoton & terlihat membosankan, maka tidak dengan Prezi. Prezi ialah tool presentasi berbasis cloud yang menyajikan presentasi dengan cara baru yang lebih interaktif. Prezi memakai fitur zoom in, zoom out buat menampilkan slide presentasi. Terdapat beberapa template profesional yang siap dipakai, juga kita bisa mencari banyak ilham dari Prezi library. Prezi mempunyai 2 versi yaitu free & pro, free (gratis) buat presentasi publik, sedangkan yang pro ($10/bulan) buat fitur yang lebih lengkap, misalnya edit presentasi secara offline menggunakan Prezi for Mac & Windows.

2. Haiku Deck
Haiku Deck artinya tool presentasi buat membentuk dan menyebarkan cerita dengan gambar high-impact dan desain yang bagus. Haiku Deck didukung dengan lebih dari 35 juta gambar gratis & 6 tema gratis. Kita juga bisa memakai gambar, diagram, atau grafik sendiri. Haiku Deck tersedia buat web atau iPad. Harga: Free. Buat tema & gambar premium dari Getty Images dapat kita peroleh dengan membelinya di iPad.

3. Google Slides
Google Slides ialah tool presentasi yang dilengkapi Google Docs dan Sheet. Ini ialah tool kolaborasi dimana kita bisa mengedit secara real-time & chatting dengan orang lain pada dalam presentasi. Setiap perubahan yang kita lakukan akan otomatis disimpan saat mengetik. Gunakan revision history buat melihat beberapa perubahan yang kita lakukan, dari tanggal, siapa saja yang melakukan perubahan. Kita juga bisa mengaktifkan fitur editing offline. Harga: Free.

4. Slides
Slides artinya tool presentasi online yang menggunakan reveal.Js, sebuah open-source presentation framework. Slides merupakan platform yang mudah dipakai dengan CSS editor, revision history, variasi tema dan transisi. Presentasi juga bisa di kontrol menggunakan perangkat mobile (touchscreen). Harga: Free buat public decks & penyimpanan 250MB. Sedangkan buat versi pro $6/bulan.

5. Visme
Visme ialah tool presentasi online yang mudah digunakan buat membentuk konten visual. Visme adalah platform tunggal, dengan banyak template, buat membentuk infografis, presentasi, diagram, banner web, animasi, dan resume. Visme dilengkapi lebih dari 100 font, ribuan vector assets gratis, dan graph tools. Kita dapat menshare secara online, embed ke website, atau men-downloadnya buat digunakan secara offline. Harga: Free maksimal buat 3 project. Sedangkan versi berbayar $6/bulan.

6. PowToon
PowToon adalah pelaksanaan sederhana & user-friendly yang memungkinkan kita buat menghasilkan presentasi dengan animasi yang menarik. Menggunakan step-by-step interface untuk menghidupkan presentasi dengan karakter yang lebih bergerak maju, gambar, dan teks aktif berurutan. Harga: Free dengan watermark. Versi Pro $19/bulan.

7. Empressr
Empressr merupakan tool buat membentuk presentasi online dengan fitur yang lengkap. Kita dapat upload media assets sendiri seperti video, audio, gambar, dan animasi ke Empressr media library, atau bisa dengan import eksklusif dari Flickr, Google, Yahoo, dan Photobucket. Track siapa saja audiens yang berinteraksi dengan slide yang kita buat. Kita juga bisa masukan feedback langsung buat audiens selama presentasi. Harga: Free.

8. RawShorts
RawShorts membantu kita buat membuat explainer, demo, & video marketing buat website dengan online video builder. RawShorts menyediakan video template dengan live animasi dalam aneka macam kategori bisnis. Sehabis kita selesai membentuk video, RawShorts juga menawarkan layanan voice-over, tapi masih versi beta. Harga: Free dengan watermark, buat versi berbayar adalah $49/bulan.

9. VideoScribe
VideoScribe adalah tool presentasi online yang menggunakan animasi whiteboard style. VideoScribe menghasilkan garis halus dari gambar yang kita pilih buat dibuat menjadi animasi yang profesional. VideoScribe dilengkapi dengan 1000 gambar royalty-free, musik, dan fonts. Kita dapat menambahkan artwork sendiri, voiceovers, & branding. VideoScribe pula menawarkan ruang penyimpanan tak terbatas. Harga: $16.50/bulan.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline