Lihat ke Halaman Asli

Selfia DewiShofa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Representasi Pria Cantik dalam Iklan Nacific - Stray Kids on Sweet Days

Diperbarui: 16 Januari 2022 Ā  12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iklan produk [NACIFIC] Stray Kids on Sweet Days -- 2021 Sumber: www.youtube.com/nacific

Jika kita mendengar kata pria pasti dibenak kita langsung terbayang pada sosok yang maskulin, macho, gagah perkasa, serta tak menggunakan riasan dan skin care pada wajah seperti yang digunakan wanita pada umumnya. Namun berbeda dengan apa yang ada di Korea Selatan, di sana lah awal mula munculnya trend sosok pria cantik. Seiring dengan populernya trend tersebut, banyak sekali iklan-iklan produk kecantikkan Korea Selatan yang bermunculan yang menggunakan figur pria sebagai bintang iklan. Salah satu produk kecantikan asal Korea Selatan yang menggunakan sosok pria sebagaiĀ brand ambassador-nya yaitu Nacific.

Dendy Triadi dan Addy Sukma Bharata dalam bukunya yang berjudul "Ayo Bikin Iklan! Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah" (2010), mengatakan bahwa iklan dapat didefinisikan sebagai pesan yang ditujukan kepada masyarakat melalui sebuah media yang didalamnya mengandung tawaran sebuah produk. Artikel ini akan membahas bagaimana iklan produk Nacific dalam Youtube yang berjudul '[NACIFIC] Stray Kids on Sweet Days ' merepresentasikan budaya pria cantik dengan bentuk visualisasi yang sudah terkonsep di dalamnya.

Nacific sendiri merupakan sebuah brand jebolan Korea Selatan yang memproduksi produk-produk skin care yang menembak pasarnya dikalangan para remaja. Agar produk-produknya dikenali dan laku dipasaran, tentu saja tak melupakan iklan yang dapat digunakan sebagai media promosi produk-produknya. Seiring berkembangnya zaman, iklan tak hanya menggunakan media cetak saja, namun dapat juga menggunakan media digital contohnya seperti media sosial. Salah satu media sosial yang dipilih oleh Nacific agar mudah dijangkau oleh pasarnya yaitu Youtube. Ada banyak brand ambassador yang dipilih oleh Nacific untuk mempromosikan produknya melalui video Youtube, video dalam channel Youtube yang terbaru saat ini yang ditunjuk menjadi brand ambassador Nacific yaitu Stray Kids, idol group asal Korea Selatan yang terbentuk berkat acara realitas di tahun 2017 lalu dibawah naungan JYP Entertainment. Stray Kids yang beranggotakan Bang Chan, Changbin, Hyunjin, Felix, Lee Know, Han, Seungmin, dan I.N ini tengah populer dikalangan remaja, idol group ini dapat dikatakan sukses dalam awal karir nya sebab album yang sebelumnya mereka miliki sukses menduduki posisi tiga besar dalam chart musik di Korea.

Zein Mufarrih Muktaf dalam artikelnya yang berjudul Citra Feminin dalam Video Musik Teen-Top yang dimuat di Jurnal Komunikasi Vol. 4, No. 1 (2013) mengatakan bahwa feminin sendiri dikenal oleh masyarakat luas dengan bentuk visualisasi sosok wanita, namun akan berbeda bila merujuk pada sifat kewanitaan dimana sifat bisa saja melekat pada pria yang menunjukkan sisi kewanitaannya. Salah satu video yang berada dalam channel Youtube Nacific yang berjudul '[NACIFIC] Stray Kids on Sweet Days ' yang dibintangi oleh Stray Kids yang beranggotakan Bang Chan, Changbin, Hyunjin, Felix, Lee Know, Han, Seungmin, dan I.N dinilai merepresentasikan sisi feminin. Pasalnya, konsep (warna latar tempat, wardrobe, serta property yang digunakan) dalam video tersebut memiliki tema serba pastel seperti warna white, light pink, pink, fuchsia, light blue, sea foam, dan yellow. Warna pastel merupakan tone warna yang relatif muda, lembut, dan memiliki intensitas rendah. Jika diamati melalui konstruksi sosial-kultural, warna-warna tersebut kerap kali dijadikan bentuk visualisasi dari feminin yang kental akan kelembutan.

Dilihat dari video yang diunggah dalam channel Youtube Nacific yang berjudul '[NACIFIC] Stray Kids on Sweet Days ', tiap member Stray Kids memiliki part berposenya masing-masing, bebas berpose ala diri mereka sendiri dan berpose dengan produk-produk dari Nacific. Yang pertama ada Bang Chan yang menggunakan crew neck berwana light pink, dalam part pose ala diri sendiri ia berpose seperti sedang mengambil foto selfie dimana tangan kanannya memegang kamera Instax berwarna light blue dan tangan kirinya memegang dagu, selfie menggunakan gadget dan tangan satunya lagi berpose membentuk huruf v, dan berpose dengan produk Nacific.

Kedua ada Lee Know yang menggunakan baju sedikit over size warna putih dan celana warna pink, dalam part pose ala diri sendiri ia berpose seperti sedang menelepon seseorang dengan menggunakan telepon vintage berwarna light blue, berpose layaknya seseorang sedang selfie dengan mengangkat tangan yang jarinya membentuk huruf v.

Ketiga yaitu Changbin, yang berpose dengan meletakkan jari telunjuk di pipinya kemudian di sisi lainnya ia menggunakan produk Nacific sebagai pengganti jari telunjuknya.

Keempat ada Hyunjin, diposenya ia memakan macaroon berwarna pink putih sambil mengedipkan mata kemudian pose dengan menopang dagu di atas produk nacific dengan sedikit memiringkan kepala.

Kelima ada Han, ia berpose layaknya vlogger dengan mengangkat tangan dengan jarinya yang membentuk huruf v, kemudian berpose bermain gim konsol, lalu berpose dengan memegang produk Nacific dengan kedua tangannya yang membentuk c, kemudian berpose tengkurap dengan memegang produk Nacific yang lainnya, berpose seakan-akan sedang selfie dengan jari yang membentuk huruf v.

Keenam ada Felix, yang berpose dengan dua buah produk Nacific yang ia sejajarkan dengan wajahnya, berpose mengangkat cupcake, dan berpose mengangkat dua produk Nacific di atas kepalanya layaknya memakai bandana.

Ketujuh yaitu Seungmin, berpose membentuk love sign atau saranghaeyo dengan tersenyum lebar, menggunakan aksesories glitter berbentuk loveĀ berwarna merah dan pink yang diletakkan di bawah matanya sambil berpose memeluk boneka beruang putih, berpose dengan dua produk Nacific yang berbeda, produk pertama berpose menopang dagu menggunakan produk Nacific lalu produk Nacific kedua diletakkan di bibirnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline