Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Spiritualitas dalam Budaya Kerja

Diperbarui: 9 Januari 2024   13:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://u-channel.tv/berdoa-bersama/

 

PEMBAHASAN 

Pengertian Spiritualitas 

Spiritualitas merupakan terjemahan dari kata spirituality atau turunan dari kata spiritual yang mengandung makna "bernafas", di samping itu kata spirit juga memiliki beberapa arti "prinsip yang menghidupkan atau vital sehingga menghidupkan suatu orgasme fisik", "makhluk supernatural".

Dalam bahasa Arab, istilah yang digunakan untuk spiritualitas adalah ruhaniyyah atau kata maknawiyyah. Istilah pertama diambil dari kata ruh, sedangkan istilah kedua diambil dari kata ma'na, yang mengandung konotasi aspek batin dibalik aspek lahiriyah. 

Spiritualitas diartikan sebagai kesadaran atau keyakinan pada kekuatan yang lebih tinggi atau energi yang menginspirasi seseorang untuk mencari makna dan tujuan di luar dirinya kehidupan.

Pentingnya Spiritualitas dalam Sebuah Bisnis

Spritualitas dalam budaya organisasi merupakan salah satu konteks perilaku individu dalam organisasi yang bertujuan untuk membentuk persepsi yang lebih positif terhadap organisasi. 

Hal ini menyangkut dengan nilai dan sikap yang diperlukan oleh individu atau sekelompok orang agar organisasi dapat menjadi efektif.

Sebagian perusahaan memiliki pemahaman bahwa keberhasilan bisnis hanya dengan mengejar keuntungan semata dan menganggap karyawan hanya sebagai alat penghasil keuntungan tersebut. 

Implementasi spiritualitas di tempat kerja bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebermaknaan hidup melalui pelaksanaan pekerjaan yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline