Lihat ke Halaman Asli

Siapa Cican? Analisis Visual

Diperbarui: 22 Desember 2017   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: hellomotion.com/tshirtcican

Apakah beberapa dari pembaca ada yang mengenal karakter Cican?, mungkin karakter ini tidak setenar seperti karakter-karakter dari Jepang seperti Naruto (Manga Naruto) atau Luffy (manga one piece). Karakter lucu ini merupakan ciptaan dari Wahyu Aditya atau yang lebih akrab dipanggil Waditya yang lahir pada 4 maret 1980 di kota Malang. Ia merupakan seorang desainer kawakan yang pernah dinobatkan sebagai International Young Screen Entrepreneur of the Year 2007.

Sebelum lebih dalam mengenal karakter ini. Terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu karakter. Menurut Tukan (2007), karakter disebut juga tokoh. Tokoh adalah individu rekaan yang mengalami peristiwa atau berlaku andil dalam berbagai peristiwa cerita. Hal yang sama pun dinyatakan oleh Sudjiman (1988). Aminudin (2002) menyatakan bahwa tokoh adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita fiksi sehingga peristiwa itu mampu menjalin suatu cerita.

Cican merupakan karakter utama dari buku cerita anak-anak berjudul "Fun Cican". Buku ini berisi cerita pendek dan gambar-gambar untuk mengajarkan anak-anak mengenal benda-benda. 

Cican ditemani beberapa karakter lain seperti cini, meera, kebi, oren, monsta, ayah didi, bunda mimi, dan lainya. Nama karakter ini diambil dari nama panggilan kedua anak Waditya yaitu Acin dan Acan yang digabungkan menjadi Cican.

Karakter ini memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu karakter kelinci dengan telinga yang Panjang dan tidak runcing, kepala yang oval, mata bulat, memiliki ekor kelinci, rambut poni, hidung berbentuk jambu, berjenis kelamin laki-laki dan pakaian berwarna kuning dan celana berwarna ungu. Rambut karakter ini terinspirasi dari anak waditya, bernama Acin yang memiliki rambut berponi.

Karakter ini dibuat sederhana dan lucu agar mudah diingat dan digambar oleh anak-anak. Penggunaan warna dalam karakter ini sangat sederhana dan memiliki warna cerah yang pada umumnya digemari oleh anak-anak. Menurut Childress (2008) menyatakan beberapa hasil penelitian psikologi warna oleh Dr. Mark Luscher, Salah satunya adalah makna dari warna kuning, warna ini memiliki makna kebutuhan untuk memiliki harapan dan cita-cita, baik untuk kebahagiaan yang sederhana atau besar.

Agar lebih objektif untuk menilai desain dari karakter cican. Kita perlu mengetahui prinsip-prinsip desain. Ada 10 prinsip desain, yaitu:

Keseimbangan

Keseimbangan adalah konvergensi elemen-elemen atau bagian-bagian untuk menciptakan suatu desain yang membuat penampilan "keseluruhan". Keseimbangan visual bisa diciptakan secara simetris maupun asimetris (Klimchunk dan Krasovec, 2007).

Kontras

Kontras diciptakan ketika elemen-elemen ditempatkan sedemikian rupa sehingga menekankan perbedaan. Kontras bisa berupa bobot, ukuran, skala, warna, nilai, atau dinamika positif dan negatif suatu ruang (Klimchunk dan Krasovec, 2007).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline