Lihat ke Halaman Asli

Calvin Doang

Mahasiswa

Face Shield Berteknologi Fotokatalisis Anti-Fogging, Anti-Virus, Self-Cleaning

Diperbarui: 3 Juni 2022   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Kondisi pandemic Covid-19 mengharuskan setiap orang untuk membatasi interaksi langsung dengan sesama untuk mencegah penularan virus. Namun, terdapat beberapa hal yang mengharuskan seseorang untuk tetap beraktifitas seperti bekerja, sekolah, bertemu dengan klien, atau lainnya. 

Dengan adanya peningkatan aktivitas kerja secara tatap muka, maka dibutuhkan alat yang dapat mencegah terjadinya penularan virus yang ada. Salah satu alat yang sudah ada dan umum digunakan adalah masker. Namun masker seringkali menyebabkan timbulnya embun pada kaca mata bagi orang yang menggunakannya. 

Selain itu, masker juga menyebabkan terganggunya komunikasi secara langsung dikarenakan terhalang oleh kain masker yang menutupi mulut. Terdapat solusi lainnya yang juga umum digunakan, yaitu face shield. 

Produk ini telah sering digunakan pada pertemuan, acara-acara tv, dan pertemuan-pertemuan lainnya. Namun face shield pada umumnya menyebabkan timbulnya embun akibat hembusan nafas. Selain itu, face shield pada umumnya juga mudah kotor dan tidak dapat berperan sebagai anti-virus.

Terdapat solusi alat yang ditawarkan oleh penulis untuk mencegah penularan virus ketika sedang berinteraksi secara tatap muka. Solusi yang ditawarkan adalah face shield berteknologi fotokatalisis untuk anti-fogging, anti-virus, dan self cleaning. Face shield didesain seringan mungkin agar nyaman digunakan pada aktivitas sehari-hari. 

Teknologi fotokatalisis digunakan untuk menghasilkan efek hidrofilik pada permukaan faceshield sehingga uap air yang menempel akibat hembusan nafas dapat tersebar merata, sehingga tidak menutupi penglihatan pengguna. Berikut merupakan detail reaksi fotokatalisis yang berlangsung untuk menimbulkan efek hidrofilik.

Selain efek hidrofilik, teknologi fotokatalisis juga menghasilkan efek anti-virus dan self-cleaning. Efek ini bertujuan agar face shield dapat mudah dibersihkan dan dapat melindungi pengguna dari virus-virus yang ada.

Dok Pribadi

Terdapat beberapa uji yang telah dilakukan untuk membuktikan keefektifan produk kami dalam hal anti-fogging, self-cleaning, dan Anti-virus. Kami telah menyiapkan bahan face shield berupa PET dan Polycarbonate. Kemudian melakukan sintesis sol SiO2 dan sol TiO2 yang berperan sebagai pelapis fotokatalisis. 

Sampel PET dan Polycarbonate akan dilapisi oleh sol SiO2 terlebih dahulu dan kemudian dilapisi sol TiO2. Pelapisan sol SiO2 bertujuan agar sol TiO2 dapat lebih mudan menempel pada permukaan face shield. Setelah dilakukan pelapisan, selanjutnya dilakukan pengujian. Uji pertama adalah uji sudut kontak untuk melihat sifat hidrofilik face shield.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline