Sebagai murid yang sedang duduk di bangku SMA, saya tidak jarang kewalahan akibat tugas yang diberikan dari sekolah. Saya pun terpaksa menyelesaikan tugas-tugas tersebut karena ada 'deadline' yang sudah sekolah berikan. Oleh karena itu, saya tidak jarang jatuh tertidur di tengah jam pelajaran, terlebih lagi ketika metode pembelajaran beberapa guru memberikan terlalu banyak teori dan kurang latihan soal untuk mengaji otak.
Secara singkat, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Secara umum, metode pembelajaran banyak digunakan di lembaga pendidikan, di mana terdapat proses belajar mengajar antara guru atau dosen dan murid atau mahasiswa.
Terdapat banyak metode pembelajaran yang tersedia, salah satunya adalah metode pembelajaran konvensional atau metode pembelajaran ceramah. Metode ini diterapkan, seperti namanya, dengan berceramah atau menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa. Metode ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya guru dapat menyampaikan pembelajaran yang luas dan tidak terlalu memerlukan bantuan alat bantu yang membutuhkan biaya lebih. Namun, kekurangannya adalah karena luasnya pelajaran yang diberikan guru, hal tersebut membuat murid bosan dan akhirnya mengantuk.
Meskipun seperti itu, terdapat banyak cara untuk memperbaiki kekurangan dalam metode pembelajaran konvensional. Salah satu caranya adalah dengan menyeimbangkan teori yang diberikan dengan latihan soal agar otak murid bisa ikut terlatih dan bekerja sehingga menghindari bosan dan kantuk yang menggoda.
Solusi ini sudah diterapkan yang pada dasarnya mengajar dengan metode ceramah, dan terbukti berhasil dengan fakta bahwa terlihat lebih sedikit murid yang tertidur saat jam pelajaran. Selain itu, nilai ulangan murid di bawah pengajaran guru yang telah menerapkan solusi ini lebih tinggi jika dibandingkan nilai ulangan murid di bawah pengajaran guru yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Menurut saya tidak ada metode pembelajaran yang salah. Semua metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, tidak ada salahnya kita mencoba untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Besar harapan saya untuk guru-guru yang masih menggunakan metode pembelajaran ceramah secara penuh mencoba menerapkan solusi yang sudah terbukti berhasil melalui perhatian murid yang lebih dan nilai ulangan yang relatif lebih tinggi.
Daftar pustaka :
- Abdhul Yusuf. "Metode Ceramah: Pengertian, Kelebihan dan Jenisnya". deepublishstore.com. Kamis, 14 April 2022. https://deepublishstore.com/metode-ceramah/.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H