Lihat ke Halaman Asli

Karmin zk

Belajar

Si Pitung Jawara Betawi yang Kebal Peluru

Diperbarui: 20 Oktober 2022   23:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Si Pitung adalah Tokoh Pejuang rakyat dari Betawi (Jakarta) Ia berjuang melawan kompeni Belanda, atas tindakan kesewenang-wenangan pihak Belanda dan antek-anteknya terhadap warga pribumi khususnya di tanah Betawi. 

Si Pitung lahir di Rawa belong, Palmerah Jakarta. Ia adalah seorang tokoh yang sangat di hormati oleh masyarakat betawi.

Perjuangan si pitung melawan kompeni di mulai ketika ia di suruh oleh ayahnya yang merupakan seorang juragan kambing yang cukup kesohor pada saat itu. Namun di tengah jalan ia di rampok oleh kawanan bandit dan uang hasil penjualan kambing itupun di rampas oleh kawanan bandit tersebut.

Semenjak kejadian itu si Pitung lantas belajar ilmu Kanuragan dengan tujuan membalas atas kejadian yang menimpa dirinya. Setelah belajar ilmu agama dan ilmu Kanuragan si Pitung lantas mencari bandit tersebut, akhirnya para kawanan bandit itu takluk di tangan si Pitung. Setelah di ketahui bahwa para bandit itu ternyata adalah para centeng tuan tanah dan antek kompeni Belanda.

Berikut adalah video tentang Tokoh Pejuang rakyat Si Pitung melawan kompeni Belanda yang telah terangkum dalam sebuah video





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline