Lihat ke Halaman Asli

Tugas Essai FIP

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Analiasis Permasalahan Pendidikan Daerah Terpencil di Indonesia

Serly Aditya (1815143302)

(Sumber: http://oktean.wordpress.com/2012/05/19/pendidikan-layak-di-daerah-terpencil/ )

Ada banyak faktor yang menyebabkan permasalahan akses pendidikan di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Kendala utamanya adalah banyak daerah yang jarak teritorinya berada jauh dari pusat pemerintahan yang mengatur kurikulum pendidikan, serta rute yang sulit untuk di lalui oleh kendaraan darat ataupun melalui laut serta gangguan sinyal komunikasi masih menjadi kendala besar untuk penyebaran pendidikan dan subsidi biaya pendidikan agar merata.

Hal tersebut menjadi alasan terjadinya ketidak lengkapan peralatan serta perlengkapan sekolah di daerah-daerah terpencil, namun tidak sepenuhnya benar di karenakan masih banyak oknum pemerintah yang menjadikan daerah-daerah terpencil sebagai sarana KKN dengan memanfaatkan jarak teritori serta kondisi alam.

Dan juga perhatian akan tenaga pengajar yang bermutu masih sangatlah kurang bahkan cenderung buruk di daerah tertentu, serta adat dan pemikiran masyarakat yang masih beranggapan pendidikan tidaklah penting di bandingkan menyambung hidup mereka.

Sebenarnya hal ini dapat dengan segera diatasi apabila semua perbaikan di lakukan secara berangsur-angsur, mulai dari melakukan distribusi dana pendidikan yang transparan, karena dengan adanya keterbukaan penggunaan dana, pemerintah daerah dapat dengan mudah mengontrol perkembangan pendidikan di daerahnya. Dan apabila tidak terjadi perkembangan sedangkan dana selau rutin di keluarkan maka akan ada kecurigaan adanya KKN, dan jika terbukti maka bisa langsung di lakukan tindakan hukum sehingga dapat dilakukan pergantian dan distribusi akan lancar sesuai ketentuan.

Selain itu pemerintah seharusnya sudah mengantisipasi dan memiliki solusi atas adanya kendala jarak danrute daerah yang sulit tersentuh pendidikan, misalnya dengan membuka jalur atau posko tetap di daerah tersebut dan juga selalu memperhatikan cara perekrutan guru dan menghargai bagaimana perjuangan para pendidik yang berjuang dalam segala keterbatasan, sedangkan para guru juga mempunyai satu tugas lagi selain untuk mengajar anak-anak muridnya, juga perperan meyakinkan orang tua, tepatnya warga daerah tentang pentingnya pendidikan, dengan memberikan fasilitas yang sepadan untuk murid dan gurunya.

Dengan begitu saya berharap akan ada perubahan terhadap pendidikan di daerah-daerah terpencil di Indonesia tentunya setelah pemerintah berusaha lebih keras lagi karena pendidikan merupakan cerminan dari di Indonesia sendiri, karena ada banyak anak-anak cerdas di Indonesia hanya karena kurangnya akses pendidikan yang menyebabkan mereka kehilangan kesempatan menunjukan betapa hebatnya mereka, dan sebagai calon guru tentu saya juga akan berjuang untuk menjadi pendidik yang baik agar dapat membantu membangun pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Dan menciptakan generasi-generasi hebat pembangun Negeri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline