Lihat ke Halaman Asli

Calista Naya

Mahasiswa Arsitektur

Co-Living untuk Generasi Muda, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Diperbarui: 18 November 2021   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: rukita.co

Apakah kamu seorang anak muda yang ingin merantau? Atau mungkin kamu ingin menemukan jati dirimu dengan cara meninggalkan kebiasaan lama dan mencari tempat tinggal baru? Namun, dibalik keinginanmu tersebut, ada hal yang menghalangimu, seperti pengeluaran biaya tempat tinggal yang terlalu mahal. 

Ada solusi bagi permasalahanmu itu yang disebut dengan "Co-living" yang sangat pas bagimu. Namun, sebelum itu, kamu harus memperlajari terlebih dahulu mengenai praktik co-living ini.

Apa itu Co-Living? Menurut Cambridge Dictionary, Co-Living atau Communal Living memiliki arti praktik hidup bersama orang lain dalam satu bangunan yang mencakup beberapa fasilitas yang digunakan bersama. Ketika kamu memutuskan untuk menjalani hidup dengan Co-Living, kamu akan berbagi ruang hidup kita dengan orang-orang lain dari berbagai macam kebiasaan dan latar belakang. 

Ketika ingin memulai perjalanan hidupnya, generasi muda cenderung memulainya dengan memisahkan diri dari keluarga dan lebih memilih tinggal di sebuah apartemen. Namun, untuk menyewa satu ruang apartemen untuk diri sendiri tentunya akan mengeluarkan biaya yang lebih. Maka dari itu, tujuan utama dari co-living adalah untuk menghemat biaya sewa karena biaya sewa akan dibagi rata dengan rekan-rekan yang tinggal bersama kamu sehingga kepemilikan tempat untuk tinggal akan lebih terjangkau. 

Selain kelebihan ringan biaya, terdapat kelebihan- kelebihan lain dari praktik co-living bersama dengan kekurangan- kekurangannya yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalani kehidupan co-living.

Bagi kamu yang memiliki pertimbangan untuk melakukan praktik co-living tentunya harus mengetahui seluk beluk dari praktik ini. Lalu, apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari co-living? Yuk, kita simak!

KELEBIHAN CO-LIVING SPACE

1. Pengeluaran Biaya yang Ringan

Bagi kamu yang baru saja merantau dari kampung halaman untuk memulai perjalanan karir, pilihan untuk menjalani co-living akan sangat membantu aspek keuangan kamu karena beban biaya yang dikeluarkan untuk bisa tetap memiliki tempat tinggal akan lebih ringan. Dengan tinggal di dalam suatu rumah ataupun bangunan komunal bersama orang lain, kamu bisa membagi rata biaya untuk yang harus dikeluarkan dengan orang-orang yang tinggal bersama kamu. 

2. Menambah Jejaring Sosial

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline