Lihat ke Halaman Asli

Indahnya Sepak Bola Eropa [bisakah kita??]

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

gelaran sepak bola eropa yang dihelat setiap akhir pekan memang membuat kita terhibur. bagaimana tidak, kompetisi eropa yang tertata rapi dan permainan indah serta tertibnya penonton di dalam stadion menimbulkan decak kagum.
akhir pekan kemarin, sama seperti akhir pekan sebelumnya tersaji gelaran kompetisi eropa, kebetulan di Inggris selain pertandingan premier league juga terdapat pertandingan FA Cup yang sudah memasuki babak 8 besar. pada pagelaran FA cup tersebut terjadi peristiwa yang enggemparkan dunia yakni jatuh pingsannya pemain bolton wanderers fabrice muamba saat bermain di menit 41 melawan tottenham hotspur. yang membuat gempar adalah reaksi masayarakat sepakbola yang begitu tampak bersimpati terhadap ujian yang menimpa muamba dan bolton tersebut.
rentetan hal simpatik yang dilakukan "masyarakat sepakbola eropa" adalah dimulai dari gol yang dicetak andrea pirlo ketika menghajar fiorentina 5-0, pirlo mengatakan bahwa gol yang dicetaknya dipersembahkan untuk muamba dan keluarga. padahal bila dilihat dari sejarah bermain pirlo, pirlo tidak pernah satu tim dan berjumpa langsung dengan muamba. selanjutnya adalah pada partai FA cup lain garry cahill yang mantan rekan satu tim muamba di bolton melakukan selebrasi yang sangat emosional setelah ia mencetak gol pertama untuk chelsea saat melawan leicester cahill membuka jerseynya dan menunjukkan kaos dalam yang menunjukkan tulisan pray for muamba, cahill mengaku tidak konsen saat melakoni pertandingan tersebut karena memikirkan kondisi mantan rekan satu timnya muamba. rentetan selanjutnya adalah pada pertandingan madrid vs malaga dalam lanjutan liga BBVA minggu, para pemain madrid menggunakan jersey yang dipakai sebagian pemain bertuliskan "get will soon muamba" dan sebagian jersey pemain lain bertuliskan "animo abidal" untuk jersey bertulis muamba memang setelah hari kejadian banyak yang bersimpati jadi tidak terlalu heran jika madrid memakainya, namun yang membuat kita aga tercengang adalah tulisan di jersey yang mensupport untuk kelancaran operasi hati eric abidal yang patut disoroti. eric abidal akan menjalani operasi transplantasi hati dalam waktu dekat, yang menjadi luar biasa adalah dukungan para pemain madrid untuk abidal yang tidak lain adalah rival mereka yang setiap laga elclasico bahkan selalu bersitegang antara kedua tim. luar biasa memang sepak bola eropa,,..
luar biasa indah tentunya,,,

saat di eropa muncul rasa kepedulian dan dukungan untuk muamba dan abidal, di tanah air akhir pekan ini memasuki babak baru "keruwetan" sepak bola nasional, kita tahu pasti apa penyebabnya,,,,,
namun tak bisakah kita meniru kultur eropa yang terjadi di waktu yang bersamaan dimana saat lawan (di lapangan) sedang terjatuh sakit dan meminta dukungan kita ikut mendukung dan membantu mereka,...
sangat patut di tiru iklim sepak bola yang baik di eropa,,,,

[bisakah kita????]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline