Lihat ke Halaman Asli

Renungan Tausiah Pemakaman Pamanku

Diperbarui: 18 Juni 2015   06:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sebagaimana umat muslim, sebalum pemakaman, selalu diawali dengan pidatountuk memberikan peringatan kepadatakziah.
Bahwa, setiap manusia yang mati, akan diantarkan oleh tiga hal.Yang duaakan kembalike rumah, dan yang satu dibawa menghadap ke Allah.
Apa itu? Yaitu amal perbuatannya, sedang dua yang pulangadalahsaudaranya, danhartanya..

Amal kebaikannya lah yang akan menyelamatkan dalam kehidupan yang kekal nanti.
Dari uraian di atas,kita harusberfikir cerdas, dan mengambil keputusan yang tepat.Bahwahartayang kita cari akan kembali kepada anak cucu, dan saudara pun tidak dapat memberikan apa-apa.
Maka,berhati-hatilah, menabung harta,dari mana ia mendapat,untuk apa.Jadikan harta sebagai kendaraandi akhirat, sebagai harta akhirat yangdibawa sampai ke sana. Caranya,gunakan harta untukmenolong orang lain, meringankan beban orang lain.Itu adalah tabunganuntuk akhirat, yang benar-benardapat dijadikan alat pertukaran di akhirat.  Renungan ini buat semuanya,  dari rakyat sampai pejabat yang mengumpulkan harta dan membelanjakan hartanya
Nabi bersabda, "Ketika telah mati anak cucu Adam, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara,  yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan padanya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline