Lihat ke Halaman Asli

Cak Bejo

Menembus Batas Menguak Yang Tersembunyi

Kolaborasi BNPB dan Senkom Mitra Polri di FGD Pascabencana

Diperbarui: 22 Agustus 2024   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senkom Mitra Polri dan BNPB Perkuat Sinergi melalui FGD Kolaborasi Multipihak untuk Pemulihan Pascabencana (Dok.Pri)

Jakarta - Ketua Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri, Tri Joko, menghadiri FGD bertema "Kolaborasi Multipihak dalam Pemulihan dan Penguatan Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan Pascabencana" yang diadakan oleh BNPB di Hotel Bidakara, Jakarta (Kamis, 22/8).

Direktur Pemulihan BNPB, Dra. Eni Supartini, M.M, menekankan pentingnya kerja sama semua pihak untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana. "Kami membutuhkan kolaborasi agar penanganan pascabencana berjalan maksimal," ujarnya.

FGD ini juga melibatkan mitra strategis seperti UNFPA, PETRA, Human Initiative, LPBI NU, PMI, MDMC, dan asosiasi industri. Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Jarwansah, S.Pd, M.AP, MM, menyoroti Indonesia yang rawan bencana akibat posisi geografisnya. "Kolaborasi adalah kunci dalam pemulihan. Tidak ada satu pihak pun yang bisa melakukannya sendiri," tegasnya.

Tri Joko menyatakan, FGD ini merupakan langkah strategis BNPB dalam memperkuat koordinasi antar pemangku kepentingan. "Senkom Mitra Polri berperan penting sebagai penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam situasi darurat," jelasnya. Ia berharap FGD ini menghasilkan rencana tindak lanjut yang konkret dan sinergi yang lebih kuat dalam penanganan bencana.

Kegiatan ini diharapkan mendorong peningkatan kapasitas dan kesiapsiagaan, serta transparansi dan akuntabilitas dalam penanganan bencana.(*)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline