Lihat ke Halaman Asli

Waspada Penggiringan Opini oleh Hasil Survei Abal

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ada-ada aja ya ulah tim sukses kampanye partai. Untuk menggiring opini publik, sekarang mereka masuk lewat lembaga—yang katanya akuntable—survey publik. Dengan memublikasikan popularitas partai atau tokoh tertentu, mereka berharap dapat mempengaruhi pilihan publik karena menurut mereka publik cenderung meih tokoh yang populer.

Cara ini bisa dibilang sesat dan masuk ke kategori penipuan masal lho. Bayangkan, publik dihujani informasi palsu sehingga mereka akan dengan sendirinya hanya tahu fakta yang salah. Padahal jika kita ingin lebih mencermati publikasi itu, banyak kejanggalan dan kebohongan yang akan kita jumpai.

Semoga masyarakat semakin kritis terhadap semua informasi yang mereka terima agar nasib bangsa ini tidak dikendalikan oleh orang yang salah.
http://politik.kompasiana.com/2014/02/28/ini-rekayasa-survei-pemenangan-prabowo-638505.html

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline