Lihat ke Halaman Asli

Cairin

Financial Technology

Awas Ketagihan Pakai Paylater Bisa Jadi Bencana

Diperbarui: 5 Juli 2021   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cairin.id

Paylater adalah sebuah inovasi dari perkembangan Finansial teknologi (Fintech). Paylater adalah sebuah konsep beli sekarang bayar nanti, karena kemudahan tersebut paylater banyak sekali diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan mengembangkan fitur paylater, beberapa perusahaan terkenal yang menggunakan dan mengembangkan fitur paylater seperti, GoPay Paylater, Ovo Paylater, Shopee Paylater, dan masih banyak lagi.

Semakin banyak perusahaan yang menggunakan fitur ini, tentunya akan semakin banyak juga penggunanya karena mampu mendorong daya konsumsi/daya beli masyarakat dan hal sekaligus juga mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

Namun, dibalik kemudahan fitur paylater hal in bisa menjadi ancaman bahkan bencana yang serius buat kamu yang salah menggunakannya atau berlebihan dalam penggunaannya, yang akhirnya akan membuat tagihan kamu menumpuk karena berlebihan dalam menggunakannya.

Yuk cegah ketagihan menggunakan Paylater dengan beberapa cara berikut ini.

1. Hapus aplikasi yang memiliki fitur Paylater

Seperti pepatah hal yang ampuh dalam menyembuhkan penyakit adalah menghindari yang menjadi sumber penyakitnya.

Jika kamu memiliki lebih dari satu aplikasi yang menyediakan fitur Paylater, hal yang harus kamu lakukan adalah buang beberapa dan hanya sisakan 1 aplikasi, lebih baik lagi kalo kamu bisa hapus semuanya untuk sementara waktu sampai kamu bisa mengatasi rasa ketagihanmu.

2. Mulai biasakan belanja secara Offline

Untuk menghindari rasa ketagihan kamu menggunakan fitur paylater saat berbelanja. Mulai sekarang kamu harus biasakan kembali untuk belanja offline atau datang langsung ke toko.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline