Lihat ke Halaman Asli

Cairin

Financial Technology

Cara Cerdas Atur Keuangan untuk Ibu Rumah Tangga

Diperbarui: 25 Juni 2021   16:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc: Cairin.id

Menjadi seorang ibu rumah tangga itu bukanlah pekerjaan yang mudah, setuju Bun? Selain melakukan pekerjaan rumah yang tidak ada habis nya, seorang ibu rumah tangga tentunya juga harus mengatur keuangan keluarga agar semua kebutuhan dirumah dan keluarga dapat terpenuhi.

Oleh karena ini kita harus benar-benar cerdas dalam mengatur keuangan rumah tangga kita. Sudah tahu belum bagaimana cara mengatur keuangan keluarga yang cerdas?

Yuk simak cara cerdasnya mengatur keuangan keluarga berikut:

1. Buat anggaran dengan cermat

Langkah pertama ini penting untuk dilakukan dalam mengatur keuangan, kamu harus membuat daftar kebutuhan selama satu bulan dan catat semua seluruh pengeluaran yang harus kamu keluarkan untuk kebutuhan setiap bulannya.


Kamu bisa mulai catat dari kebutuhan primer atau kebutuhan pokok kamu setiap bulannya seperti, kebutuhan pangan, kebutuhan listrik, atau kebutuhan utama lainnya.

Ingat kebutuhan tersebut harus kamu prioritaskan terus ya.

2. Pangkas pengeluaran yang tidak perlu

Ketika membuat anggaran bulanan, disaat itu juga kamu harus mulai sadar kebutuhan apa yang sering membuat keuangan keluarga sering membengkak.

Jika kamu sudah mengetahuinya segera hapus kebutuhan tersebut dari daftar anggaran bulanan kamu apabila kebutuhan tersebut tidak terlalu penting.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline