Apa itu analisis jabatan?
Analisis jabatan sendiri adalah sebuah proses tahap awal yang perlu dilakukan untuk menyusun sebuah perencanaan perusahaan, yaitu dengan cara mengidentifikasi tugas dan syarat suatu pekerjaan. Jadi akan dijabarkan mengenai tugas dan persyaratan yang harus dilakukan dan dipenuhi oleh seseorang.
Mengapa analisis jabatan perlu dilakukan dalam sebuah perusahaan?
Hal ini untuk mencegah resiko jika ada seseorang yang memegang jabatan tertentu tetapi tidak mengetahui apa yang harus dilakukan dan dikerjakannya. Apakah mereka mempunyai skill tersebut dalam bidang itu atau tidak. Singkatnya, analisis jabatan ini diperlukan agar jabatan yang diberikan sesuai dengan skill si pemegang jabatan tersebut kemudian mengetahui apakah mereka mampu dan sanggup dengan jabatan yang akan diberikan . Maka dari itu hal ini bisa diatasi dengan cara melakukan analisa jabatan.
Peran analisis jabatan bagi SDM
Menurut Sugih Arto (2004) pada jurnalnya yang berjudul Job Analysis mengatakan bahwa dalam setiap jabatan diperlukan sebuah informasi detail, tujuannya yaitu untuk keperluan
1. Rekrutmen, seleksi dan penempatan karyawan
2. Menentukan besarnya upah karyawan
3. Merancang jalur karir karyawan di masa depan