Lihat ke Halaman Asli

Cahya Nugraha

Mahasiswa IPT Trisakti 2022

Apa Pentingnya Soft Skill dalam Perhotelan?

Diperbarui: 14 Januari 2024   19:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di pasar kerja saat ini, faktor penentu bagi pemberi kerja sering kali adalah persaingan antara keterampilan keras dan lunak dari berbagai kandidat.

 Menurut survei tahun 2016 yang dilakukan oleh SMB World, hampir 72% responden percaya bahwa soft skill lebih penting  daripada hard skill untuk kesuksesan bisnis.

 "Kecerdasan Emosional adalah Faktor Kuncinya"

Ukuran  soft skill yang paling penting adalah kecerdasan emosional (EI), yang berkaitan dengan kesadaran dan pengelolaan emosi diri sendiri dan orang lain.

Ukuran utama soft skill adalah kecerdasan emosional (EI) dapat dikategorikan menjadi empat komponen:

- Kesadaran Diri: Seberapa akurat orang menilai emosinya?

Orang yang mencari umpan balik negatif cenderung  hanya merespons umpan balik positif. Tidak mengherankan jika orang cenderung lebih percaya diri daripada orang yang bergantung.

 - Manajemen Diri: Kemampuan mengendalikan emosi, ditunjukkan melalui transparansi, kemampuan beradaptasi, rasa pencapaian, dan optimisme.

 - Kesadaran Sosial: Kesadaran akan organisasi seseorang, fokus pada pelayanan, dan tingkat empati merupakan aspek penting dari kesadaran sosial.

- Manajemen Hubungan: Pendampingan, menjadi pemimpin yang menginspirasi dan katalis perubahan, memimpin tim yang sukses, dan mengelola konflik adalah bagian dari manajemen hubungan.

 "Jadi, apa hubungannya dengan pariwisata dan perhotelan?"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline