Lihat ke Halaman Asli

Lingkungan Sehat Hidup Nikmat

Diperbarui: 21 September 2022   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Menjaga lingkungan bukan hanya angan-angan, tapi tindakan. Banyak sekali tergambar dalam pepatah hal yang terkait tentang lingkungan, yang menandakan bahwa lingkungan adalah elemen penting yang harus dijaga agar dapat hidup dengan nyaman.  Ada lagi dalam kata-kata bijak yang  mengatakan bahwa "Mau beli tabung oksigen atau menjaga oksigen gratis yang sudah ada?". Hal demikian sebenarnya adalah sindiran untuk umat manusia yang senantiasa menebang pepohonan, merusak udara dengan polusi sehingga dapat merusak tatanan udara yang jika dihirup maka akan berbahaya.  

Mengapa lingkungan sangat penting untuk dijaga? karena lingkungan adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi hidup manusia secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan yang sehat aka menimbulkan hal baik kedalam hidup manusia begitupun sebaliknya, jika lingkungan tersebut tercemar maka akan berdampak buruk kepada manusia. 

Adapun jika lingkungan tersebut tercemar maka akan menimbulkan dampak sebagai berikut: 

1. Menjadi sumber penyakit

2. Bau yang tidak sedap yang bisa ditimbulkan dari sampah

3. Gangguan pernapasan 

4. Ancaman banjir apabila tersumbat oleh sampah

5. Udara kotor yang disebabkan oleh polusi udara 

Pada surat Ar-Rum ayat 41-42 dapat dianalisa bahwa ayat ini mengharapkan seorang muslim dapat menyadari pentingnya menjaga serta melestarikan alam lingkungan, dan juga tidak membuat kerusakan terhadap alam lingkungan. Oleh karena itu hendaknya kita menjaga dan melestarikan lingkunganagar terciptanya lingkungan yang nikmat dan nyaman.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline