Lihat ke Halaman Asli

Cahya Purnama Sari

Mahasiswa Universitas Brawijaya

TIM MMD Universitas Brawijaya Membantu Potensi UMKM Desa Balerejo

Diperbarui: 18 Agustus 2023   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TIM MMD 288 UB

Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang mengikuti program Mahasiswa Membangun Desa (MMD) di Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar melakukan berbagai macam kegiatan dan program kerja, salah satunya adalah Sosialisasi dan pengembangan UMKM potensi Desa.

Tim MMD Mengunjungi pemilik UMKM pahatan Desa Balerejo, Kamis (20/07/2023). Salah satu anggota kelompok, Itsar Irsyada (Fakultas Ilmu Komputer) melakukan koordinasi bersama dengan Mas Jaiunul, seorang pemuda berbakat dari desa Balerejo, yang memiliki kecintaan mendalam terhadap seni. Barongan Blitaran, yang merupakan salah satu icon dari Kabupaten Blitar menjadi inspirasi Mas Jaiunul membuat karya pahatan. 

TIM MMD UB 288

Perjalanan bisnis seni Mas Jaiunul tidaklah mudah. Awalnya, Mas Jaiunul hanya menjual produk-produknya melalui platform Facebook. Dia menghadapi kesulitan menentukan harga yang tepat untuk karyanya, karena adanya perbedaan selera dan permintaan dari pelanggan.

“Susah sekali Mas, Mba, untuk Saya berjualan, karena  masih sedikit sekali orang-orang yang tahu tentang UMKM pahatan Desa Balerejo” Ujar Mas Jaiunul.

Tim MMD membantu Mas Jaiunul dengan membuat akun Social Media (Instagram) untuknya, sehingga produk-produknya dapat lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan di platform pencarian. Selain itu, Tim MMD juga mengajarkan Mas Jaiunul cara menggunakan WhatsApp Business untuk mempromosikan dan menjual produknya kepada pelanggan potensial.

Jaiunul, seniman Desa Balerejo (TIM MMD UB 288)

Tidak berhenti di situ, MMD juga membantu Mas Jaiunul untuk mempromosikan karyanya di website Desa Balerejo yang sudah dibuatkan oleh Tim MMD - https://balerejogallery.my.id/. [Tim MMD Cahya]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline