Lihat ke Halaman Asli

Nadia Cahyawati

Life at IPB University

Sosialisasi Gemarikan Desa Purwasari, PPK Ormawa Himakua IPB Gelar Festival Ikan Nusantara

Diperbarui: 22 September 2023   16:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi : Festival Ikan Nusantara 2023 Desa Purwasari, Bogor

Mahasiswa IPB University yang tergabung dalam Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO) Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ajak masyarakat Desa Purwasari, Bogor, Jawa Barat untuk lebih sering mengonsumsi ikan atau dikenal dengan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dalam Festival Ikan Nusantara (FINA) 2023. Kegiatan sosialisasi Gemarikan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 17 September 2023 bertempat di Lapangan Mandala Fishery Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga di ikuti oleh kelompok wanita tani (KWT) (17/9).

Bapak Agus Wijatmoko selaku Penanggung Jawab Peningkatan Produksi. Direktorat Pengolahan dan Mutu, Ditjen PDSPKP KKP sekaligus ketua Festival Ikan Nusantara 2023 dalam sambutannya mengatakan acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang potensi dan manfaat dari produk perikanan serta mendorong masyarakat agar mengonsumsi produk perikanan baik ikan hasil budidaya maupun ikan hasil tangkapan (17/9).

"Ikan dipilih karena merupakan sumber makanan bergizi tinggi serta kandungan Omega-3 yang bagus untuk perkembangan otak anak. Selain itu, ikan kaya akan protein, vitamin, mineral serta memiliki kandungan kolesterol rendah. Manfaat dari mengonsumsi ikan secara rutin dapat mencegah stunting pada anak serta mencegah terjadinya penyakit jantung dan mengurangi resiko stroke" Imbuh Bapak Agus (17/9).

Sementara itu, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Bapak Aditya Ariyudanto mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Potensi tersebut dapat menjadi sumber daya protein nasional yang bisa dimanfaatkan untuk meningktakan konsumsi ikan nasional khususnya Provinsi Jawa Barat. "Kegiatan FINA ini selaras dengan salah satu program KKP, yakni Gerakan Memasyaratkan Makan Ikan (Gemarikan) untuk menyebarluaskan peningkatan konsumsi ikan nasional dan masih perlu dukungan secara masif di seluruh lini," ujarnya (17/9).  

Acara Festival Ikan Nusantara ini bukan hanya untuk berbagi ikan saja kepada masyarakat. Momentum itu juga sekaligus dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk baby fish ikan nila buatan dari kelompok wanita tani (KWT) Desa Purwasari. Olahan baby fish ikan nila ini bisa menjadi ide baru untuk masyarakat agar tetap mengonsumsi ikan dalam bentuk lain dan menumbuhkan rasa kreatif para ibu untuk menciptakan olahan dari ikan yang sehat dan bernilai gizi tinggi. Ikan baby fish ini berasal dari kegiatan pembenihan yang dilakukan dengan menerapkan teknologi semi automatic incubator.

Acara ini mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat Desa Purwasari, hal tersebut disampaikan oleh Bapak Yusuf Mustofa, Kepala Desa Purwasari menyatakan, "Berhubung masyarakat disini memiliki tingkat konsumsi makan ikan yang sangat rendah sehingga kegiatan sosialisasi ini harus dilakukan secara berkesinambungan. Kegiatan Gemarikan ini menjadi reminder untuk pentingnya makan ikan bagi masyarakat sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Bukan hanya itu, Gemarikan menjadi salah satu momentum untuk membangun kesadaran masyarakat untuk menjadikan asupan protein dari ikan."

Narahubung : Surya Baskara (081997820090)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline