Lihat ke Halaman Asli

Akibat Buruk Nyontek Massal

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Baru tadi sore ketika asyik nonton berita, tiba-tiba dikejutkan dengan salah satu berita yang membuat saya miris dan heran pada masyarakat Indonesia khususnya pada orang tua siswa di sebuah sekolah dasar di Surabaya. Nyontek Massal. Adalah Saima yang mengetahui tentang praktek kecurangan dan ketidakjujuran yang dilakukan oleh salah seorang oknum guru di sebuah sekolah dasar di Surabaya yang memberikan bocoran jawaban ujian nasional pada salah satu muridnya untuk kemudian disebarkan jawaban tersebut pada teman-temannya. Saima bicara jujur apa adanya. Tapi apa yang dia dapatkan dari kejujurannya? Orang tua siswa marah dan bahkan Saima mendapatkan teror serta keluarganya pun diusir oleh warga sekampung.

Ada apa dengan masyarakat kita? Apa karena sudah seringnya melihat tayangan televisi dan membaca surat kabar yang isinya tentang korupsi dan tindak ketidakjujuran lainnya sehingga kemudian masyarakat kita berpendapat "sah-sah saja kan kalo ikut berlaku seperti itu" mengingat pula hukuman yang diterima oleh para pelakunya pun lebih nyaman daripada para pelaku kriminal kelas teri semacam cuma mencuri ayam tetangga.

Psikologi masyarakat kita sudah pada ambang batas memprihatinkan. Perlu semacam tokoh yang bertugas untuk menyadarkan mereka. Tentunya juga perlu adanya kerjasama dari pihak media cetak dan elektronik supaya tidak terlalu mem-blow up berita kriminal sehingga bisa mempengaruhi kejiwaan seseorang. Ingat pada jaman kepemimpinan Soeharto, berita kriminal hampir tidak terdengar karena ada semacam peredamnya.

Semoga masyarakat Indonesia semakin dewasa dalam menyikapi segala peristiwa walaupun banyak ditekan oleh segala macam hal yang terjadi (semisal semakin mahalnya harga bahan2 pokok, semakin susahnya mencari lapangan kerja, dll), karena jika masyarakat semakin dewasa dalam menyikapi sesuatu hal akan menjadikan bangsa ini menjadi kuat.

Langkah mudah adalah mulai dari diri sendiri dengan mencoba bersikap tenang dan positif thinking




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline