Lihat ke Halaman Asli

PBB Puji Indonesia dalam 10 Besar Misi Perdamaian Dunia

Diperbarui: 17 Juni 2015   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulutangkis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Vladislav Vasnetsov

Patut diapresiasi apa yang telah dilakukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjalankan misi perdamaian dunia. Misi yang telah dilaksanakan Indonesia mampu memberikan perdamaian dunia, dan memberikan inspirasi dalam pelaksanaan misi perdamaian dunia yang selama ini dijalankan.

Yang pasti, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terus memberikan dukungan kepada Indonesia dalam kebijakan untuk meningkatkan keterlibatan pasukan perdamaian yang mengirimkan prajurit-prajurit terbaik TNI untuk kerjasama misi perdamaian dunia.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu telah menerima kunjungan Resident Coordinator of UN, Mr. Douglas Broderick pada Selasa lalu di Kantor Kementerian Pertahanan.

Yang pasti. Kunjungan tersebut telah memberikan dukungan penuh atas setiap kerjasama dalam misi perdamaian, yang telah dijalankan Indonesia selama ini.

Pada kesempatan tersebut, Mr. Douglas menyampaikan bahwa PBB terus terang sangat mendukung kebijakan yang selama ini diterapkan Indonesia dan keterlibatan dalam pasukan perdamaian dunia. Ia menyampaikan bahwa TNI dan misi perdamaiannya telah masuk menjadi sepuluh besar (10 besar) negara dalam misi perdamaian dunia.

Sudah tentu, dengan adanya peringkat ke-10 besar bagi misi perdamaian tersebut akan terus menguatkan Indonesia bahwa yang penting adalah bagaimana misi tersebut terus konsisten dijalankan oleh TNI. Tentu saja kita sangat berharap misi tersebut akan terus berjalan seiring waktu yang ada.

Mr. Douglas Broderick juga menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kerjasama yang sudah terjalin antara TNI dengan PBB terutama bagaimana mengatasi bencana dan tindakan pertama dalam emergency dan berharap kerjasama  tersebut dapat terus ditingkatkan ke arah yang lebih luas.

“Keinginan kami, pertama untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang misi perdamaian PBB. Kedua meningkatkan kerjasama dengan TNI terkait hubungan dengan sipil bagaimana menangani masalah keadaan bahaya termasuk juga dalam bencana. Ketiga, bagaimana kita tingkatkan kerjasama dengan TNI dalam konteks regional dan internasional”, jelasnya kepada Menhan.

Sebagai warga negara kita harus mendukung upaya Pemerintah dan TNI dalam mengirimkan misi perdamaian dunia. Hal itu jelas sangat diamanatkan oleh Undang-Undang dan sesuai dengan amanat konstitusi.

Tentu saja, yang terjadi selama ini selama prajurit terbaik TNI tersebut menjalankan misi perdamaian dunia, kita sebagai warga negara terus mendukung dan akan berdoa semoga pasukan TNI benar-benar menciptakan perdamaian dunia, dan memberikan angin segar bagi dunia internasional dalam penciptaan iklim sejuk di dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline