Lihat ke Halaman Asli

Menciptakan Pembelajaran Bermakna dan Menyenangkan yang Relevan dengan Pembelajaran Abad 21

Diperbarui: 11 Desember 2022   23:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran abad 21 adalah suatu peralihan pembelajaran dimana kurikulum yang dikembangkan menuntun sekolah untuk mengubah pendekatan pembelajaran dari berpusat pada guru menjadi student center learning (berpusat kepada peserta didik) . Hal ini sesuai dengan tuntutan masa depan dimana peserta didik harus memiliki kecakapan berpikir dan belajar. 

 Seorang guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik . Beberapa cara untuk menciptakan pembelajaran bermakna dan menyenangkan yang relevan dengan pembelajaran abad 21 yaitu dengan memanfaatkan teknologi yang saat ini sudah semakin berkembang pesat. Beberapa contoh memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran :

1. Menggunakan media komik interaktif

Selain membuat pembelajaran berpusat kepada peserta didik, media komik interaktif juga dapat memotivasi peserta didik untuk belajar dan mengembangkan kemampuan literasi peserta didik. Bagi anak usia sekolah dasar, media pembelajaran dengan visual yang menarik tentu akan meningkatkan semangat belajar dalam diri peserta didik. cara membuatnya pun mudah, kita bisa memanfaatkan aplikasi Canda dan fliphtml dalam pembuatan komiknya.

2. Menciptakan pembelajaran berbasis game 

Bagi anak usia sekolah dasar, bermain adalah hal yang menyenangkan. Kita sebagai guru dapat mengemas pembelajaran menggunakan metode game atau permainan, baik secara individu maupun kelompok. Sebagai contoh, dalam pembelajaran di kelas 6 Tema 4 materi PLTA, guru menerapkan pembelajaran berbasis game. Game berupa "pencarian peti harta karun". Proses pelaksanaanya yaitu peserta didik bersama kelompoknya menyelesaikan LKPD yang diberikan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dengan benar seputar PLTA. Saat game, peserta didik dapat menuliskan kode jawaban, ketika kode benar maka dapat digunakan untuk membuka peti harta karun.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline