Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alternatif Perkuliahan di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Diperbarui: 12 Januari 2022   19:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang baru ditemuka.coronavirus ini pertamakalinya ditemukan di Tiongkok pada bulan desember 2019. Covid-19 menjadi sebuah pendemi yang terjadi di banyak Negara salah satunya di Indonesia,dan hingga sampai sekarang coronavirus ini blum juga berakhir.dan ada beberapa gejalah umum yang dapat ditimbulkan oleh coronavirus/covid-19 yaitu Demam,batuk kering dan rasa lelah.Gejalah lainnya yang lebih jarang dan mungkin dialami oleh beberapa orang meliputi rasa nyeri,hidung tersumbat,sakit kepala,sakit tenggorokan,kehilangan indera rasa dan penciuman.Gejala-gejala yang dialami biasanya berssifat ringan dan muncul secara bertahap.

Sebagian besar (sekitar 80%) orang yang terinfeksi berhasil pulih tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari 5 orang yang terinfeksi COVID-19 menderita sakit parah dan kesulitan bernapas. Orang-orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan kondisi medis penyerta seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan paru-paru, diabetes, atau kanker memiliki kemungkinan lebih besar mengalami sakit lebih serius. 

Namun, siapa pun dapat terinfeksi COVID-19 dan mengalami sakit yang serius. Orang dari segala usia yang mengalami demam dan/atau batuk disertai dengan kesulitan bernapas/sesak napas, nyeri/tekanan dada, atau kehilangan kemampuan berbicara atau bergerak. harus segera mencari pertolongan medis. Jika memungkinkan, disarankan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan atau fasilitas kesehatan terlebih dahulu, sehingga pasien dapat diarahkan ke fasilitas kesehatan yang tepat.

Dengan adanya coronavirus ini Dosen dan mahasiswa universitas 'Aisyiyah Yogyakarta sangatlah   kesulitan dalam proses belajar mengajar dikarekan, pemereintah menghentikan pembelajaran secara Offline untuk sementar waktu. Namun tetapi dengan adanya Media Sosial sangatlah bermanfaat buat Dose maupun mahsiswa Universitas 'Aiayiyah  yogyakarta  untuk melaksanak pembelajaran secara online dengan mengunakan media zoom,google meet,google Classroom dan Lensa Unisa. 

Selain itu media sosial memungkinkan mahasiswa untuk berekspresi dengan berbagai  cara, seperti dengan memposting foto, blog, artikel, video,  klip audio, dll. Ini membantu  siswa untuk keluar kotak dan mengeksplorasi bakat mereka. Adanya teknologi digital seperti media sosial membawa dempak positif sekaligus negatif.dampak positifnya adalah Dosen dan mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta Masih bisa melaksanakan pembelajaran walaupun dalam keadaan online..Dampak Negatif dari media sosial seperti membuat kecanduan hingga lupa waktu belajar,membuat informasi bohong/hoax dan lain-lain

Media sosial merupakan suatu hal yang tak bisa di lepas dari kita saat ini, bahkan dalam perjalanannya, media sosial sekarang telah mengubah cara hidup kita dalam beberapa tingkatan,sehingga bisa di katakan media sosial menjadi sebuah media yang penting dalam masyarakat (technological determinism). 

Dan media sosial itu tak hanya menjadi sebuah media yang penting namun juga telah berubah menjadi sebuah identitas diri seseorang, kita bisa melihat bagaimana sebuah media sosial berubah fungsi menjadi "mulut kedua" seseorang, sehingga menjadikan media sosial sebagai wakil diri di dunia maya, dan tentu dengan sebagai perwakilan diri di dunia maya, maka tentunya kita akan selalu menunjukan sisi positif dari diri kita (salience) sehingga terkadang realita yang ada dengan apa yang ada di dunia maya berbeda, namun tentunya tak semua orang berperilaku seperti itu, penggunaan dari setiap orang tentunya berbeda -- beda di media sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline