Lihat ke Halaman Asli

Menyembuhkan Luka Inner Child

Diperbarui: 29 Februari 2024   09:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pernah merasa dibohongi? Tersinggung? Sensitif saat mendengarkan kritik?. Kondisi ini dipengaruhi oleh inner child. Inner child merujuk pada sisi kepribadian anak kecil dalam diri. Contoh dari reaksi inner child, Seorang anak perempuan melihat ayahnya yang hobi melontarkan kata-kata kasar pada ibunya, ibunya berpesan pada anaknya bahwa harus menjadi perempuan yang mandiri apapun yang terjadi. Anak perempuan ini tumbuh dewasa menjadi pekerja keras, tetapi menjadi individu yang takut akan mengalami sakit hati.

Trauma masa kecil tidak jarang mendistraksi kita melihat realita yang terjadi. Ketika seorang anak melihat pertengkaran hebat antar kedua orang tua, selain itu trauma masa kecil dapat berupa seorang anak tidak memiliki kasih sayang secukupnya dari orang tua. Maka dari itu ketika dewasa mereka yang mengalami kekhawatiran berlebih. Lantas Bagaimana menyembuhkan luka inner child? Meditasi untuk diri sendiri dengan meluangkan waktu 5-10 menit. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline