Lihat ke Halaman Asli

Jangan Dibuang! 6 Food Waste Ini Bisa Dijadikan Pupuk Alami untuk Tanaman Tercinta

Diperbarui: 27 Maret 2021   05:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi food waste | lovefoodhatewaste.nsw.gov.au

Sebagai seorang yang hobi berkebun, tentunya kamu akan sangat bahagia saat tanaman yang kamu rawat tumbuh sehat apalagi hingga berbuah lebat, bukan? Supaya tanamanmu bisa seperti itu, mereka tak hanya perlu disiram dengan air saja. Tanaman juga membutuhkan banyak nutrisi yang bisa kamu berikan lewat pupuk.

Nah, ketimbang membeli pupuk kimia yang mahal, dan belum lagi dampak negatif yang dihasilkannya. Lebih baik kamu manfaatkan saja food waste alias sampah makanan yang ada di dapurmu untuk dijadikan pupuk alami buat tanaman tercinta. Berikut ini ada beberapa food waste yang bisa kamu gunakan.

1. Cangkang telur

Setiap pagi mungkin kamu sering memasak telur mata sapi sebagai menu sarapan, namun kamu buang ke mana cangkang telurnya? Mulai sekarang lebih baik kamu cuci bersih cangkang-cangkang telur tersebut dan tabung dalam sebuah wadah.

Sebab faktanya cangkang telur ini mengandung 90% lebih kalsium karbonat, yang dibutuhkan untuk menguatkan tanaman, khususnya pada tanaman yang menyukai kalsium seperti tomat. Selain itu, cangkang telur juga kaya akan protein, dan katanya bisa menjadi pengusir hama juga, lho.

Cara menyiapkannya sebagai pupuk cukup gampang. Yang perlu kamu lakukan adalah menumbuk semua cangkang telur yang sudah kamu simpan, lalu mencampurkannya pada media tanam, bisa pula menguburnya di dasar lubang tanam, atau sekadar menaburkan langsung pecahan cangkang telur itu di permukaan tanah.

2. Air bekas cucian beras

Siapa yang bakal mengira kalau air bekas cucian beras atau sering disebut juga air leri ini kaya akan nutrisi yang bisa menyuburkan tanaman. Mulai dari pati, gula, kalium, nitrogen, selulosa, hingga protein, semua hal yang dibutuhkan tanaman supaya tumbuh subur itu terdapat dalam air leri. Wah, paket komplet sekaligus murah meriah untuk dijadikan pupuk buat tanaman tercinta.

Manfaat air leri pada tanaman sangat banyak seperti, merangsang pertumbuhan akar, membantu proses pembuahan, meningkatkan daya tahan terhadap berbagai penyakit. Daripada terbuang percuma, tampung saja air bekas cucian beras untuk nantinya disiramkan ke tanaman di kebunmu, supaya mereka berbuah lebat.

3. Kulit pisang

Limbah dapur satu ini dapat juga dijadikan pupuk alami untuk tanaman lho. Kulit pisang yang tinggi akan kandungan kalium dan fosfor ini bisa membuat tanamanmu tumbuh kuat dan kokoh. Tanaman seperti mawar pun suka kandungan potasium yang terdapat pada kulit pisang. Tak hanya itu, kulit pisang juga sangat ampuh mengusir hama.

Agar tanamanmu bisa mendapatkan beragam khasiat yang terkandung dalam kulit pisang, caranya cukup simpel. Keringkan semua sampah kulit pisang yang sudah dikumpulkan di bawah sinar matahari, setelah kering cacah pisang menjadi potongan kecil, lalu kubur cacahan tersebut di permukaan tanah yang kamu tanami. Dijamin tanamanmu bakal tumbuh sehat dan terbebas dari hama kebun.

4. Ampas teh

Setelah selesai menyeduh secangkir teh di sore hari jangan langsung buang kantung tehnya. Seperti halnya kulit pisang ampas daun teh juga bisa dijadikan pupuk alami yang disukai bunga mawar, atau tanaman pakismu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline