Lihat ke Halaman Asli

Buyung Nurman

Penulis Lepas

Perempuan Maju Pilkada, Wujud Persamaan Hak dan Representasi Kaumnya Membangun Negeri?

Diperbarui: 5 September 2024   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : Topik pilihan Kompasiana. com

Perempuan Maju Pilkada,  Wujud  Persamaan Hak dan Representasi Kaumnya   Membangun Negeri  ?

Bismillah,

Fenomena meningkatnya jumlah  keikutsertaan kaum perempuan dalam kontestasi pesta demokrasi pilkada 2024  yang akan datang patut  diapresiasi.

Mereka tidak hanya sebatas untuk menuntut haknya yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan, lebih dari itu ingin menunjukkan bahwa mereka juga dapat memimpin  dan berkontribusi memajukan sebuah daerah, seperti halnya kaum pria.

Disamping itu di alam demokrasi yang serba terbuka sekarang ini, tidak ada lagi sekat atau gap yang memisahkan persoalan hak diantara kaum  pria dan kaum perempuan.

Dalam ilmu gender, bahwa kaum pria dan kaum perempuan itu setara dalam semua aspek kehidupan, kecuali pada permasalahan yang bersifat kodrati, yakni apa yang disingkat dengan 1 M dan 3 M.

Kaum pria maaf,  bisa menghamili ( 1 M) yang tidak mungkin dapat diperankan oleh kaum perempuan,  sedangkan kaum perempuan  secara kodrati mohon maaf, memiliki kelebihan yang tidak ada pada kaum pria yakni mengandung, melahirkan, dan  menyusui (3 M).

Oleh karena itu sudah sepantasnya didukung dengan sepenuh hati  bila ada di antara 1 juta lebih kaum perempuan di negeri ini ikut dan memenangkan kontestasi pilkada yang tidak lama lagi akan dihelat.

Kendati demikian kita berharap agar kaum perempuan yang maju pada kontestasi pilkada tersebut tidak hanya karena terinspirasi oleh telah banyaknya diantara mereka yang ikut kontestasi dan memenangkan pilkada dimasa sebelumnya.

Melainkan memang betul-betul berkeinginan  mengabdikan diri sesuai dengan hati nurani untuk membangun dan memajukan daerahnya, bila nanti terpilih atau  mendapat amanah dari rakyat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline