Lihat ke Halaman Asli

Buyung Nurman

Penulis Lepas

Menikmati Pesona Pantai Ancol Seluma, Perpaduan Wisata Pantai dan Kuliner yang Nyaman

Diperbarui: 13 Agustus 2024   07:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pantai " Ancol "  Padang Bakung-Maras Seluma.  sumber : dokumen pribadi. 

Menikmati Pesona  Pantai  " Ancol "  Seluma, Perpaduan Wisata Pantai dan Kuliner Yang Nyaman

Bismillah,

Jika pembaca bepergian via darat dari Kota Bengkulu menuju Krui Lampung melintasi jalur selatan, atau sebaliknya dari Lampung hendak menuju Kota Bengkulu.

Maka pada km 21-22  dari Kabupaten  Bengkulu Selatan, pembaca akan mendapatkan sebuah kampung, yang sepanjang wilayahnya sebelah barat merupakan pantai,  itulah Desa Padang Bakung Seluma.

Berdasarkan data dari Dinas Perikanan Seluma, Padang Bakung adalah salah satu desa pesisir, yang wilayahnya sebelah utara berbatasan dengan Desa Ketapang Baru dan disebelah selatan dengan Desa Muara Maras Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma.

Pantai " Ancol " Seluma Bengkulu. sumber : dokumen pribadi. 

Oleh karena terletak di wilayah pesisir, otomatis penduduk desa ini hampir semua kepala keluarganya merupakan nelayan, meskipun ada sebagian kecil dari mereka tidak secara penuh berprofesi sebagai nelayan.

Yang mempesona dari kampung nelayan ini, disamping letaknya strategis dibibir pantai dan membelah jalan nasional lintas Bengkulu dan Lampung, disepanjang jalan dari utara dan selatan desa tetangga terdapat banyak warung makanan dan minuman yang  rerata dikelola oleh warga lokal setempat.

Dengan posisinya yang sangat dekat dengan laut, maka wisatawan dapat dengan leluasa menikmati ombak  yang berkejar-kejaran dari  warung  kuliner  atau dari pondok-pondok santai yang tersedia.

Disamping itu desa wisata pantai ini relatif bersih, meskipun setiap hari mendapat banyak kunjungan dan ramainya mobil angkutan penumpang yang berhenti, istirahat dilokasi ini.

Pantai " Ancol " Seluma dengan pondok santainya. sumber : dokumen pribadi. 

Pesatnya perkembangan Desa Padang Bakung, yang  juga didorong  oleh dua buah desa tetangganya sebelah utara dan selatan, berupa bangunan warung kuliner dan auning l serta ramainya pengunjung dan arus lalulintas, maka sepanjang kawasan ini oleh warga lokal dinamakan " Ancol Seluma."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline