Lihat ke Halaman Asli

Buyung Nurman

Penulis Lepas

Menuju Areal Perkebunan Kopi " Semiyak" Lebong Jalannya Mendaki Ekstrim, Melintas Ekstra Hati-hati! (2)

Diperbarui: 8 Agustus 2024   07:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto kesibukan pagi di kebun.  sumber : dokumen pribadi. 

Menuju Areal Perkebunan Kopi " Semiyak " Lebong Jalannya Mendaki Ekstrim, Melintas Ekstra Hati-hati  !  (2 )

Bismillah,

Keinginan saya untuk lebih lama  bermalam, guna  mengamati lebih jauh  teknik para pekebun mengelola tanaman kopinya "dikampung"  perkebunan kopi semiyak Lebong tidak jadi terwujud.

Bayangan ekstrimnya jalan yang dilintasi dan  curamnya topografi lahan perkebunan serta dinginnya iklim di wilayah ini terutama pada malam hari, menjadikan saya hanya dapat bertahan  selama 9 hari saja dan segera ingin "keluar" dari lokasi perkebunan.

Hawa dingin yang menyengat sampai ketulang ini, boleh jadi karena ketinggian lokasi perkebunan diperkirakan mencapai ribuan meter dpl (maaf) belum ada data kongkrit.

Juga data pada HP android yang saya bawah  tercantum suhu di wilayah terdekat, dengan jarak kurang lebih 25 kilometer yaitu Kecamatan  Rimbo Pengadang menunjukkan angka  20 C.

Sepeda motor modif sebagai sarana angkut andalan.  sumber : dokumen pribadi. 


Untuk mengatasi serangan rasa dingin itu, sebenarnya dapat diupayakan dengan memakai pakaian tebal yang berlapis-lapis dan perlengkapan lainnya, tapi saya khawatir akan turun hujan lebat yang  tentunya akan memperparah jeleknya jalan.

Oleh karena itu saya pamitan dengan beberapa orang  ponakan, bahwa saya akan kembali ke Kota Bengkulu setelah bertahan dan bermalam ditempat mereka selama lebih dari sepekan.

Dan, kepada mereka saya katakan tolong "keluarkan" sepeda motor standar yang saya bawah karena saya sudah tidak sanggup lagi mengendarai dan tolong boncengkan dengan sepeda motor modif yang mereka miliki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline