Lihat ke Halaman Asli

Buyung Nurman

Penulis Lepas

Menuju Areal Perkebunan Kopi "Semiyak" Lebong Jalannya Mendaki Ekstrim, Melintas Ekstra Hati-hati!

Diperbarui: 7 Agustus 2024   06:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sepotong jalan  yang dilintasi menuju areal perkebunan kopi semiyak.  sumber : dokumen pribadi. 

Menuju Areal Perkebunan Kopi  "  Semiyak "  Lebong Jalannya Mendaki Ekstrim,  Melintas Ekstra Hati-hati  !

Bismillah,

Tidak terbayang dalam benak saya sebelumnya, kalau untuk sampai ke areal perkebunan kopi  rakyat  " semiyak ' Lebong begitu " susah " dan ngeri.

Saya dari kediaman Kota Bengkulu sengaja mengendarai sepeda motor, dengan maksud  agar sampai betul kepondok tujuan untuk tempat bermalam, karena dari informasi yang diterima sepeda motor bisa sampai keareal perkebunan.

Baru saja meninggal Desa Tik Koto Rimbo Pengadang Lebong sebagai titik over dari Kota Curup  untuk memasuki kawasan perkebunan kopi disini, saya sudah dihadapkan pada jalan setapak dengan banyak rintangan.

Jalan sempit  berbatu, berdebuh karena musim kering dan di kanan kiri terdapat lembah yang siap " menampung " bila kendaraan terpeleset.

Semakin masuk kedalam jalanan semakin kecil serta dikiri kanan dipagar tebing (tanah tinggi)  diatas jalan dan terus mendaki, hingga versneling yang digunakan 1-2 saja dengan gas tinggi.

Jembatan sederhana yang musti dilewati untuk menuju areal perkebunan kopi.  sumber :  dokumen pribadi. 


Menapaki jalan yang semakin jauh kedalam semakin ekstrim, akhirnya saya menyerah dan tidak sanggup lagi untuk mengendarai sepeda motor standar yang saya bawah untuk sampai kepondok tujuan.

Dengan kondisi yang sangat lelah, karena saya sudah masuk golongan lansia, maka saya melanjutkan dengan jalan kaki dan sepeda motor dikendarai oleh ponakan saya yang sejak dari luar mengawal saya dengan sepeda motor " khusus " yang di modif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline