Lihat ke Halaman Asli

Buyung Nurman

Penulis Lepas

Kenapa Buah Alpukat Terasa Pahit? Yuk Cari Tahu!

Diperbarui: 16 Juli 2024   19:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alpukat ditanam di pekarangan belum berbuah.  sumber :  dokumen pribadi. 

Kenapa Buah Alpukat Terasa Pahit  ?  Yuk Cari Tahu   ! 

Bismillah, 

Tanaman Alpukat bukanlah tanaman asli Indonesia. Meskipun begitu, alpukat telah dikenal di seluruh  pelosok tanah air. Buah alpukat mudah diperoleh di pasar dengan harga yang relatif murah. 

Di Indonesia pada umumnya tanaman alpukat tersebar di dataran rendah sampai dataran tinggi.  Tanaman alpukat menghendaki tipe iklim basah dengan curah hujan 1500 - 3000 mm  per tahun dan merata sepanjang tahun. 

Keasaman (pH) tanah yang baik untuk tanaman alpukat antara 5,5 - 6,5. Tanaman alpukat tidak tahan terhadap kadar garam tinggi, tapi tanaman alpukat tahan terhadap lindungan, sehingga baik ditanam dilahan pekarangan. 

Buah alpukat  banyak mengandung lemak 13 - 30 ,  namun lemaknya adalah lemak yang tidak berbahaya yaitu  non kolestrol. 

Tanaman alpukat dapat dikembangkan baik secara generatif dengan menggunakan bibit berasal  dari biji, maupun secara vegetatif dengan menggunakan bibit berasal dari okulasi atau sambungan. 

Tanaman yang berasal dari biji baru mulai berbuah setelah berumur 9 - 12 tahun, sedangkan  bibit berasal dari vegetatif dapat berubah umur 6 tahun. 

Tanaman alpukat berbuah lebat antara bulan Desember dan Pebruari, dan musim  berbuah umumnya pada bulan Mei dan Juni. Tanaman alpukat yang baik mampu menghasilkan 200 buah lebih setiap pohon setiap tahun, hal ini tentu tergantung dengan varietas yang ditanam. 

Sementara itu berat buah berkisar antara 200 - 1000 gram setiap buah, lagi-lagi tergantung dengan varietasnya. Bahkan ada varietas yang berat buahnya dapat mencapai lebih 1 kg setiap buah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline