Lihat ke Halaman Asli

Buyung Nurman

Penulis Lepas

Bara Budaya Gotong Royong Mulai Redup? Yuk Kobarkan Lagi!

Diperbarui: 31 Mei 2024   16:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gotong royong .  sumber : dokpri 

Bara Budaya  Gotong Royong  Mulai  Redup,  ? Yuk Kobarkan Lagi   !

Bismillah,

Tidak dapat dipungkiri bahwa gotong royong merupakan budaya Bangsa Indonesia yang sudah ada sejak dahulu kala sebagai warisan dari para pendahulu bangsa.

Setiap kali ada pekerjaan yang sifatnya untuk kepentingan umum dan akan memberikan manfaat   yang besar selalu dikerjakan secara bersama-sama.

Mulai dari membersihkan lingkungan perkampungan, memperbaiki saluran irigasi, membangun rumah, sampai dengan kegiatan hajatan dan lain-lain dikerjakan secara gotong royong. 

Gotong royong persiapan resepsi. sumber : dokpri. 


Gotong royong memang identik dengan kepribadian  masyarakat Indonesia, rasa terpanggil untuk sekadar menolong meringankan beban saudaranya sudah tertanam dalam hati sanubarinya.

Sehingga tidak berlebihan bila semboyan atau ungkapan " berat sama-sama dipikul dan ringan sama-sama dijinjing sudah terhujam di benak individu, sebagai bagian dari anggota masyarakat.

Namun, seiring dengan perkembangan  zaman dan kemajuan teknologi budaya gotong royong ini  semakin hari keberadaannya semakin tergerus dilanda arus pola kehidupan yang individualis dan materialistik.

Kondisi yang tidak diharapkan dan boleh jadi bakal menjadi kenyataan itu diperparah dengan semakin berkurangnya generasi yang masih memegang teguh budaya gotong royong, karena sudah berusia lanjut atau telah meninggalkan dunia fana ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline