Lihat ke Halaman Asli

bustanol arifin

Happy Reader | Happy Writer

Menyoal Tempat Penjualan Hewan Qurban

Diperbarui: 15 Juni 2024   07:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto salah satu sentra hewan qurban di Palembang | Rio Roma Dhoni

Setiap musim haji tiba atau menjelang Hari Raya Idul Adha, umat Islam di seluruh dunia sudah bersiap diri melaksanakan ibadah, di antaranya puasa Arafah, salat Idul Adha, berqurban serta menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.

Keempat ibadah ini dilakasanakan di bulan Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam kalender Islam atau Hijriah. Bulan ini termasuk bulan suci dalam Islam dan memiliki banyak keutamaan, salah satu alasannya karena di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji sekaligus qurban.

Bagi orang yang mampu secara finansial, maka diwajibkan baginya menunaikan ibadah haji ke Baitullah, Makkah-Madinah. Sementara Qurban hukumnya sunnah muakkadah, artinya tidak wajib tetapi sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Orang yang tidak pergi haji, biasanya mereka berpuasa, salat dan berqurban. Puasa Arafah ini dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, ketika jamaah haji sedang melakukan wukuf di padang Arafah. Adapun salat sekaligus penyembelihan hewan qurban pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Hewan yang disembelih untuk qurban meliputi sapi, kambing dan unta dengan ketentuan atau syarat hewan tersebut sudah berusia minimal dua tahun, tidak cacat fisik serta dalam kondisi sehat dan baik.

Pemilihan hewan qurban tidak bisa sembarangan karena akan berdampak pada tidak sahnya ibadah qurban itu sendiri, baik dari segi jenis yang mengharuskan dari hewan ternak maupun kondisi fisiknya.

Ini menunjukkan bahwa ibadah qurban bukan sekadar menyembelih hewan, akan tetapi ada pesan penting yang perlu kita cerna lebih dalam lagi melalui syarat dan ketentuan qurban itu sendiri, yakni pengorbanan dan kasih sayang.

Permasalahan Tempat Penjualan Hewan Qurban

Perihal keutamaan ibadah qurban ini, kebanyakan umat Islam di seluruh dunia, termasuk kita, sudah mengetahuinya. Makanya, setiap momen Idul Qurban tidak pernah sepi dari perayaan ibadah ini, salat dan penyembelihan hewan qurban.

Di Indonesia, satu bulan menjelang hari raya Idul Adha, sudah banyak peternak dan pedagang yang memasarkan hewan ternaknya. Bagi mereka, hal ini kesempatan mendulang keuntungan lewat jualan hewan qurban.

Selain itu juga, tentu dalam rangka membantu orang-orang yang hendak berqurban. Artinya, antara peternak, pequrban dan penerima qurban sama-sama saling membutuhkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline