Lihat ke Halaman Asli

bustanol arifin

Happy Reader | Happy Writer

Pillow Talk, Langkah Sederhana Merawat Keharmonisan

Diperbarui: 31 Januari 2024   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pillow talk sepasang suami istri di atas ranjang | iStockphoto.com/Tom Merton

Salah satu penyebab utama terjadinya konflik dalam rumah tangga atau pasangan adalah komunikasi. Bisa karena salah ucap, salah kata, salah arti, salah dengar, salah paham dan atau salah karena tidak berinteraksi dan berkomunikasi.

Terlebih bila memang memiliki perbedaan suku dan budaya, seperti Jawa, Madura, Bugis dan lainnya. Mau bilang I Love You (aku mencintai kamu), malah terdengar seperti mengucapkan I Laugh You (aku menertawakan kamu).

Tetapi, komunikasi juga menjadi kunci utama bagi harmonisnya hubungan. Banyak pasangan mampu mengatasi konflik rumah tangganya dengan komunikasi, bicara atau ngobrol baik-baik tanpa ada tekanan, paksaan dan kebencian.

Artinya, komunikasi yang buruk bisa jadi sumber konflik dan begitu juga sebaliknya. Makanya, penting untuk selalu menjaga dan membangun komunikasi yang baik dengan pasangan, agar hubungan selalu harmonis serta meminimalisir masalah.

Jadi, boleh bertanya pada diri masing-masing tentang bagaimana pola komunikasi kita selama ini terhadap pasangan, sudah baik atau buruk. Seberapa sering kita berinteraksi dan ngobrol bersama pasangan, atau jangan-jangan kita lebih banyak ngobrol dengan orang lain.

Sekali lagi, interaksi dan komunikasi itu penting, bukan yang penting interaksi dan komunikasi. Hubungan tanpa interaksi serta komunikasi akan terasa hambar dan cepat bosan, sebaliknya komunikasi tanpa arti bisa menyebabkan konflik berkepanjangan.

Pentingnya Pillow Talk dalam Membangun Keharmonisan  

Pernahkah kita ngobrol santai bersama pasangan pada waktu-waktu tertentu? Biasanya, sebelum atau sesudah tidur, waktu paling memungkinkan untuk ngobrol karena sama-sama sedang santai, sebelum memulai aktivitas atau istirahat dari beragam pekerjaan.

Obrolan tersebut dikenal dengan sebutan Pillow Talk, sebuah percakapan santai, nyaman, hangat dan penuh keintiman yang dilakukan oleh sepasang suami istri. Yah, semacam ritual khusus sebelum tidur untuk membangun hubungan emosional lebih kuat lagi.

Pillow Talk (obrolan bantal) ini sangat penting dilakukan oleh para suami serta istri untuk menjaga hubungan tetap langgeng dan tambah harmonis. Saling bercerita mengenai beragam hal, saling curhat terutama masalah pekerjaan, masa depan dan termasuk juga seksual.

Pokonya semua hal diobrolkan, saling bercerita satu sama lain hingga akhirnya dapat saling mengetahui, memahami, mengenali, mencintai, mengasihi sekaligus menyayangi. Inilah yang dimaksud membangun keintiman hubungan melalui obrolan santai bersama pasangan, setiap petang sebelum tidur malam di atas Kasur atau ranjang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline