Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Operasi Sedot Lemak Seperti yang Dilakukan Ratna Sarumpaet

Diperbarui: 8 Oktober 2018   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ratna sarumpaet operasi sedot lemak|Sumber gambar : Tribunnews

Ratna Sarumpaet mengaku wajahnya bengkak dan lebam karena operasi plastik, bukan dianiaya sekelompok orang. Dalam konferensi pers di kediamannya, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (3/10/2018) Operasi sedot lemak dilakukan pada area pipi kanan dan kiri, yang menyebabkan seluruh wajahnya bengkak dan lebam-lebam. Prosedur kecantikan itu berlangsung di Menteng, Jakarta Pusat, dan ditangani oleh dokter bedah plastik bernama Sidik.

Apa itu operasi sedot lemak? Operasi Sedot Lemak atau Liposuction / Liposculpture adalah tindakan operatif untuk menghilangkan timbunan lemak di bagian tubuh tertentu dengan cara menyedot lemak tersebut keluar sehingga mendapatkan bentuk yang lebih baik.

Cara kerja sedot lemak? Pertama-tama, Anda harus berkonsultasi dengan ahli bedah tentang prosedur operasi sedot lemak. Setelah menerima beberapa rincian dasar tentang jenis-jenis sedot lemak, Anda akan menjalani pemeriksaan latar belakang kesehatan untuk memastikan Anda cukup sehat untuk melakukan prosedur ini. Ahli bedah perlu mengetahui alergi Anda, maupun pengobatan serta suplemen herbal yang sedang Anda konsumsi/jalani.

Apabila ahli bedah sudah menyatakan Anda sebagai kandidat yang cukup mampu menjalani operasi sedot lemak, maka Anda akan diminta untuk berhenti sejenak mengkonsumsi alkohol beberapa hari sebelum jadwal operasi. Ini juga berarti diet Anda akan dikontrol sebelum prosedur dilakukan.

Apakah Sedot Lemak ini mempunyai risiko berbahaya? Setiap tindakan medis mempunyai risiko, untuk mengurangi risiko inilah  dokter harus melakukan pemeriksaan pendahuluan termasuk  pemeriksaan laboratorium. Hal lain yang memperkecil risiko adalah melakukan Operasi Sedot Lemak  dengan anestesi lokal. Dengan persiapan yang  cukup, metoda yang benar dan  tanggung jawab seorang dokter, maka risiko operasi akan menjadi sangat kecil. Meskipun Operasi Sedot Lemak tidak lebih berbahaya dari pada tindakan kosmetik yang lain.

Apa yang harus dilakukan sesudah Operasi Sedot Lemak? Segera sesudah Operasi Sedot Lemak, bagian tubuh yang telah disedot lemaknya diberi perban elastik atau korset yang digunakan selama 1 minggu, umumnya pasien boleh langsung pulang kerumah dan kontrol kembali beberapa hari kemudian. Tapi ini semua tergantung kebijakan dari tempat kalian melakukan operasi sedot lemak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline