Lihat ke Halaman Asli

Helmi Abay

Bus Enthusiast

Kunci Kenyamanan Selama Perjalanan, Ini Tips Posisi Memilih Kursi di Bus

Diperbarui: 12 Juni 2023   14:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kursi Bus Po Drw Trans

Bus merupakan salah satu transportasi darat yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Mulai dari bus kota sampai bus pariwisata yang memiliki fasilitas mewah. Harga tiket bus juga lebih murah dibandingkan pesawat, sehingga bus bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berpergian ke tempat yang cukup jauh.

Untuk menunjang perjalanan agar lebih lancar, sahabat kompasiana perlu tahu posisi kursi yang tepat ketika menggunakan bus. Kalau salah- salah pilih kursi, yang ada saat perjalanan kita jadi nggak nyaman dan bahkan mungkin mabuk darat. Untuk menghindari hal itu, yuk simak triknya berikut ini!

  • Kalau ingin duduk sambil merenggangkan kaki dan lebih leluasa keluar, pilihlah kursi dekat dengan lorong bus. Dengan duduk di dekat lorong, kita bisa memiringkan kaki dengan sedikit lebih leluasa. Posisi ini sangat pas untuk orang-orang yang bertubuh tinggi. Sebab biasanya, jarak antara suatu kursi dengan kursi di depannya yang tidak terlalu jauh, membuat kaki seolah tertekan. Dengan memilih posisi di dekat lorong, kita juga bisa lebih leluasa kalau hendak keluar saat bus sudah mencapai tujuan.
  • Kursi di belakang sopir adalah kursi paling aman. Kalau duduk tepat di belakangnya, kita bisa memperingatkan sopir untuk berhati-hati seandainya bus melaju terlalu cepat. Posisi ini juga dianggap paling aman, karena kalau terjadi kecelakaan, kerena biasanya sopir berusaha menyelamatkan penumpang yang berada paling dekat dengan dirinya. Keuntungan lainnya juga ketika kita ingin bertanya "sudah sampai mana?" dengan mudah kepada sang sopir.
  • Hindari kursi paling depan dan paling belakang di bus. Sebab paling rawan menjadi korban ketika terjadi kecelakaan. Tentunya kecelakan bukan menjadi harapan ketika kita berpergian. Namun untuk berhati- hati, sebaiknya hindari kursi paling depan dan belakang. Sebab biasanya, tabrakan kerap terjadi di bagian tersebut, penumpang yang duduk di sana pun lebih rawan menjadi korban. Memilih duduk di kursi paling depan, memang bisa melihat pemandangan dengan leluasa. Namun untuk sebagian orang, posisi ini justru membuat kepala pusing karena terus-menerus melihat pemandangan dalam skala besar.
  • Kursi deretan tengah adalah posisi paling nyaman bagi yang sering mabuk darat. Guncangan roda paling terasa di bagian depan dan belakang bus. Jadi, untuk bagian tengah dapat merasa lebih nyaman. Posisi ini cocok untuk orang yang mudah mengalami mabuk darat. Dengan duduk di kursi deretan tengah ini juga bisa tidur dengan nyenyak karena guncangan rodanya nggak terlalu terasa.

Itulah berbagai posisi kursi bus yang perlu diketahui untuk menambah kenyamanan kita selama perjalanan menggunakan bus. Selain memperhatikan penempatian kursi, kita juga perlu memperhatikan kondisi bus saat akan berpergian. Seperti halnya DRW Trans yang menjaga dan memeriksa secara berkala tehadap kondisi bus- busnya, sehingga bus selalu siap ketika akan digunakan.

Jadi, posisi duduk bus bagian mana yang menjadi pilihan sahabat dzawani?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline